sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sebelum Menjalani Hubungan Serius dengan Duda, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Ade Irma Suryani | Jumat, 14 Aug 2020 20:00 WIB
Sebelum Menjalani Hubungan Serius dengan Duda, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini
caption
Jakarta -

Barangkali kamu tidak pernah terpikir sebelumnya jika akan menikah dengan seorang pria berstatus duda nantinya. Namun bagaimana jika ternyata saat ini kamu sedang menjalani hubungan ke tahap lebih serius bersama pria duda? Tentunya bukanlah suatu yang salah jika kamu akan menikah dengan pria berstatus duda. Namun sebelum itu, tentu ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum melangkah ke tahap yang lebih serius. Apalagi jika dia adalah duda yang telah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya.  

Nah, sebelum benar-benar mantap menuju hubungan yang lebih serius dengan seorang duda, maka 5 hal berikut ini perlu kamu pertimbangkan.

 


1. Status Perceraian Jelas

Pastikan terlebih dahulu bahwa duda tersebut telah benar-benar jelas bercerai.
Status Perceraian Jelas/Foto: Freepik.com

Ketika status pria tersebut karena duda cerai, tentunya jauh-jauh hari sebelum melangkah ke hubungan yang lebih serius, kamu telah memastikan bahwa status perceraian pria tersebut benar-benar sudah jelas. Hal ini sendiri memang sangat penting. Karena pastinya kamu tidak mau kan jika sampai terlibat dalam suatu masalah atau perselisihan dengan orang-orang yang berhubungan dengannya, hanya karena ada sesuatu yang ia sembunyikan. 

 

2. Cari Tahu Penyebab Perceraian

Penting untuk mengetahui secara jelas penyebab perceraian duda tersebut.
Cari Tahu Penyebab Perceraian/Foto: Freepik.com

Selain mengenal kepribadiannya,  kamu pun perlu mengetahui penyebab pasti ia bercerai dengan mantan istrinya terdahulu. Bukannya bermaksud mengungkit masa lalu seseorang, tetapi hanya untuk mengetahui alasan ia bercerai. Apakah karena ketidakcocokan satu sama lain, perselingkuhan, ataukah karena KDRT. 

 

3. Memiliki Alasan yang Kuat

Sebelum berhubungan ke arah yang lebih serius bersama duda, pastikan sudah memiliki alasan yang kuat.
Memiliki Alasan yang Kuat/Foto: Freepik.com

Sudah barang tentu kamu harus memiliki alasan yang kuat ketika memutuskan untuk menjalani hubungan yang serius dengan pria duda. Tentu saja alasan kuat tersebut bukan dilihat dari kemapanan ekonomi, kedudukannya atau fisik semata. Kamu harus memiliki alasan yang lebih kuat mengapa memilih seorang pria duda menjadi pendamping hidupmu. 

Karena menikah dengan pria duda memang membutuhkan kesiapan mental, dimana kamu akan menghadapi berbagai perbedaan yang tak mudah. 

 

4. Siap Menerima Anak dari Pernikahan Sebelumnya

Sebelum memutuskan untuk berhubungan lebih serius dengan duda maka perlu kesiapan untuk menerima anak dari pernikahan sebelumnya.
Siap Menerima Anak dari Pernikahan Sebelumnya/Foto: Freepik.com  

Bila dia adalah duda yang telah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya, maka kamu perlu mempertimbangkan tentang kesiapanmu untuk menerima anaknya. Tentunya kamu harus siap menyayangi anaknya seperti anak sendiri dan juga siap dengan segala tantangan yang ada. 

Sebelum memutuskan, bertanyalah atau meminta nasihat terlebih dahulu dari orang terdekat yang bisa memberi pemahaman yang bijak kepadamu. Hal ini penting, agar kamu dapat menghadapinya dengan penuh kesiapan. 

 

5. Jangan Lupa Restu Orang Tua

Sebelum berhubungan lebih serius dengan duda, jangan lupa restu orang tua.
Jangan Lupa Restu Orang Tua/Foto: Freepik.com

Setelah kamu merasa yakin untuk mulai lebih serius dengannya, maka jangan lupakan restu kedua orang tua. Barangkali, sebagai orang tua mereka mempunyai kekhawatiran tentang pilihanmu untuk bersanding dengan seorang pria duda. Hal tersebut memang dirasa wajar, karena menikah dengan orang yang telah menikah sebelumnya sering dianggap rumit menurut orang umum. Padahal tentu saja itu tidak sepenuhnya benar.

Jika kamu sendiri telah merasa mantap dengan pilihanmu dan orang tua masih ragu, maka cobalah untuk meyakinkan mereka dengan alasan yang jelas dan bisa membuat mereka benar-benar yakin. Lebih baik utarakan semuanya dengan terus terang dan tidak ada yang ditutupi. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id