sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tak Melulu Romantis, Ini 5 Tahapan Pertumbuhan Hubungan Setiap Pasangan

Dian Aprilia | Senin, 04 Jan 2021 18:00 WIB
Tak Melulu Romantis, Ini 5 Tahapan Pertumbuhan Hubungan Setiap Pasangan
caption
Jakarta -

Saat sebelum menjalin hubungan mungkin sebagian orang akan berpikir dengan pacaran atau menikah pasangan bisa bermesraan dan berkasih sayang selamanya. Padahal, fase romantis atau berkasih sayang dengan pasangan tidak berlangsung secara terus menerus atau sepanjang hidup bersama, lho!

Pasalnya dalam menjalani hubungan, setiap pasangan akan menghadapi berbagai fase atau tahapan. Nah agar tidak kaget setelah menikah nanti, simak berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tahapan pertumbuhan hubungan:

Romance Stage

Romantic
Romantic/pexels.com

Tahap pertama yang akan dihadapi pasangan adalah tahap romantis. Di awal menjalin hubungan, setiap pasangan tentu akan berfokus untuk mewujudkan cinta dan kasih sayangnya. Biasanya ditandai dengan semangat dan gairah yang tinggi saat nge-date atau berhubungan intim (bagi yang sudah menikah)

Selain itu, fase ini juga ditandai dengan aksi menunjukkan perhatian penuh pada pasangan. Keduanya akan saling mencoba memahami dan mengerti satu sama lain. Di tahap ini, kedekatan yang intim, komunikasi dan nge date jadi prioritas utama.

Power Struggle Stage

Konflik
Konflik/pexels.com

Tahap setelah fase romantis adalah pasangan akan mulai menyadari adanya perbedaan di antara keduanya. Pasalnya masing-masing pihak mulai memahami pasangan dengan apa adanya. Alhasil saat ada perbedaan, keduanya rentan beranggapan hal itu jadi jurang besar yang bisa mengganggu hubungan.

Oleh sebab itu di fase ini tak jarang menjadi fase yang berat bagi pasangan. Apabila tidak kuat dalam menghadapinya maka rentan mengalami perpisahan. Kunci dari fase ini adalah memahami bahwa pasangan bukanlah manusia sempurna dan pasti punya kesalahan. Selain itu, penting untuk meningkatkan komunikasi demi menyelesaikan konflik.

Stability Stage

Stabil
Stabil/pexels.com

Pada fase ini, pasangan akan mulai menjalani hubungan yang lebih stabil, mulai dari segi ekonomi, interaksi dengan pasangan, pemenuhan kebutuhan personal dan lainnya. Tahap ini bisa dicapai, saat pasangan saling menyeimbangkan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan keluarga.  

Selain itu, penting juga untuk berusaha menerima perbedaan dan kekurangan yang dimiliki pasangan. Bukan sekedar menuntut pasangan untuk berubah, tapi turut dalam proses perubahan dan mendukungnya dengan jiwa dan raga. Tahap ini akan memunculkan sikap saling menghargai dan menyayangi satu sama lain.

Commitment Stage

Menikah
Menikah/pexels.com

Fase ini bisa dijalani saat sebelum menjalani hubungan atau bahkan di awal sebuah pernikahan Dimana masing-masing pihak membuat komitmen bersama untuk sehidup semati, saling memahami jika ada konflik, atau komitmen lainnya bergantung dengan kondisi tiap pasangan.

Saat masuk di tahap ini, pasangan akan sadar bahwa ia akan menjalani hubungan hingga akhir hayat. Setiap pihak lebih siap dalam menghadapi masalah yang mungkin akan terjadi di masa depan. Selain itu keduanya juga akan berusaha sekuat tenaga bertumbuh bersama dalam menjalani hubungan.

Co-creation Stage

Pasangan
Pasangan/pexels.com

Tahap terakhir ini bisa disebut sebagai cinta sejati, dimana masing-masing pasangan sudah terbentuk rasa cinta yang mendalam, saling mengapresiasi dan menghargai. Keduanya akan berusaha dan saling mendukung mencapai tujuan bersama dan mewujudkan mimpi diri sendiri serta pasangan secara bersama.

Hubungan terasa lebih kuat dan tidak mudah diterpa masalah. Mungkin sesekali konflik atau cekcok menjadi hal biasa. Namun sangat mudah untuk diselesaikan, karena adanya rasa saling menerima dan memahami satu sama lain.

Itulah 5 tahapan pertumbuhan hubungan yang akan dilalui setiap pasangan. Kamu dan pasanganmu sudah sampai tahap yang mana?  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id