sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tipe-Tipe Relationship, Hubungan Kamu yang Mana?

Rumaysha Milhania | Senin, 12 Oct 2020 12:00 WIB
Tipe-Tipe Relationship, Hubungan Kamu yang Mana?
caption
Jakarta -

Dalam menjalani sebuah hubungan, sangat penting bagi kita untuk bisa mengerti seperti apa pola hubungan yang kita miliki. Umumnya, ini akan dipengaruhi oleh tipe hubungan yang sedang kamu jalani. Tipe hubungan ini akan dipengaruhi oleh karakter dari kedua pihak dan bagaimana keduanya membentuk dan menentukan jalan dari hubungan tersebut. Dilansir dari psychologytoday.com, berikut ini adalah 5 jenis hubungan yang harus kamu kenali. Pahami bahwa empat dari lima jenis hubungan ini ternyata masuk dalam kategori hubungan yang tidak sehat.

Dalam menjalani sebuah hubungan, sangat penting bagi kita untuk bisa mengerti seperti apa pola hubungan yang kita miliki.
Suami Istri Kompetitif/ Sumber: Freepik.com

1. Kompetitif / Mengontrol

Ada perebutan kekuasaan dan dominasi tentang jalan siapa yang lebih baik, siapa yang memenangkan argumen, harapan dan standar siapa yang kita ingin jalani, hingga karir siapa yang lebih penting. Umumnya, perselisihan akan terjadi seputar perebutan kekuasaan, pertarungan untuk menentukan siapa yang lebih dominan.

2. Aktif / Pasif

Satu pasangan tampak lebih dominan dalam menjalani sebuah pekerjaan, sedangkan yang lainnya cenderung ikut saja dan terkesan inferior. Berbeda mereka yang kompetitif, pasangan seperti ini cenderung mendapatkan konflik di mana orang yang aktif merasa lebih berat dalam memikul beban. Terkadang mereka juga bersikap lebih arogan dan agresif karena merasa lebih banyak berkontribusi dalam hubungan.

Di sini perbedaan tampak dari sikap pada satu sama lain. Satu pasangan jelas-jelas berkuasa, dan yang lain mengakomodasi lebih sedikit karena kepasifan dan lebih banyak karena rasa takut.
Suami Istri Agresif/ Sumber: Freepik.com

3. Agresif / Akomodatif

Di sini perbedaan tampak dari sikap pada satu sama lain. Satu pasangan jelas-jelas berkuasa, dan yang lain mengakomodasi lebih sedikit karena kepasifan dan lebih banyak karena rasa takut. Pada hubungan jenis ini, pasangan yang mengintimidasi akan mudah meledak. Umumnya akan terjadi banyak tekanan emosional dan terkadang penganiayaan fisik.

4. Hubungan yang Terputus

Dalam hubungan ini, umumnya hanya sedikit perdebatan dalam hubungan yang tidak terlalu dekat. Hubungan ini berlangsung dengan sendirinya, dengan keduanya memiliki rutinitas masing-masing. Hubungan itu tampak membosankan dengan kedua pasangan yang umumnya memiliki sedikit kesamaan. Pasangan seperti ini sepertinya lebih seperti teman sekamar daripada suami dan istri.

Pasangan jenis ini dapat bekerja sama sebagai satu tim dan saling melengkapi. Mereka mengenali satu sama lain dan secara aktif menerima kekuatan dan kekurangan pasangannya
Suami Istri Harmonis/ Sumber: Freepik.com

5. Menerima / Seimbang

Pasangan jenis ini dapat bekerja sama sebagai satu tim dan saling melengkapi. Mereka mengenali satu sama lain dan secara aktif menerima kekuatan dan kekurangan pasangannya. Mereka mendukung satu sama lain, keduanya tertarik untuk membantu pasangannya untuk lebih baik lagi. Mereka mampu merevitalisasi hubungan ketika hubungan itu mulai menurun. Mereka juga mampu memecahkan masalah daripada menyembunyikannya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id