sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Trauma Menjalin Asmara, Begini 5 Tips Mengatasinya!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 11 May 2021 16:00 WIB
Trauma Menjalin Asmara, Begini 5 Tips Mengatasinya!
caption

Beberapa orang yang pernah mengalami kegagalan dalam percintaan biasanya mengalami trauma. Sehingga mereka akan takut dan enggan untuk memulai hubungan baru. Padahal, terjebak di masa lalu adalah hal yang sangat merugikanmu lho! Sebab, kamu enggak akan pernah maju untuk meraih peluang berbahagia di masa depan.

Nah, kalau kamu sedang mengalaminya, Beautynesia.id punya 5 tips agar kamu mudah menghilangkan trauma dalam percintaan. Penasaran? Yuk langsung simak tipsnya berikut ini!

Cari Tahu Penyebabnya

Rasa trauma yang timbul akibat putus cinta bisa terjadi karena beberapa penyebab. Misalnya, penyebab yang paling umum terjadi adalah perselingkuhan.
Pasangan Kekasih/freepik.com

Rasa trauma yang timbul akibat putus cinta bisa terjadi karena beberapa penyebab. Misalnya, penyebab yang paling umum terjadi adalah perselingkuhan. Jika kamu merasa trauma karena mantan pacarmu berselingkuh, cobalah cari tahu penyebabnya. Dengan begitu, kamu juga bisa mengoreksi diri dan berubah menjadi lebih baik.

Akui dan Belajar Menerima Rasa Takut

Hal yang satu ini seringkali enggak disadari oleh kebanyakan orang. Sebab, biasanya mereka merasa enggan untuk merasakan perasaan negatif. Akhirnya, mereka lebih memilih untuk menyangkal perasaan tersebut. Padahal dengan menerima dan mengakui perasaan tersebut, kamu akan lebih cepat pulih.

Jauhi Kesalahan yang Sama

Kalau kamu masih beringkah 'polos' seperti dulu, bisa saja kamu akan terjatuh pada kesalahan yang sama.
Stres/freepik.com

Kalau kamu masih bertingkah 'polos' seperti dulu, bisa saja kamu akan terjatuh pada kesalahan yang sama. Tapi, berhenti menjalin hubungan bukanlah cara yang tepat untuk menghindar dari kesalahan yang sama. Sebab jika kamu terlalu lama terjebak pada rasa trauma, kamu enggak akan pernah move on. Ingatlah bahwa pria yang lebih baik pasti ada. Oleh sebab itu, kini saatnya kamu untuk lebih berhati-hati dalam memilih pasangan.

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Enggak perlu terburu-buru untuk mencari pengganti. Kamu bisa meluangkan waktu terlebih dulu untuk diri sendiri. Di waktu ini kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, mencoba rutinitas baru, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu pun lebih bisa mengembangkan diri. Selain itu, hal ini juga bisa membuatmu lebih mencintai diri sendiri dan enggak terus menerus meratapi masa lalu.

Jadikan Sebuah Pelajaran

Jadikanlah masa lalu tersebut sebagai sebuah pembelajaran untukmu. Sehingga nantinya, kamu pun bisa memulai hubungan baru yang lebih baik dengan orang lain.
Bahagia/freepik.com

Setelah dikhianati, biasanya wanita akan berkata bahwa semua pria sama saja. Tapi kenyataannya banyak sekali pasangan yang hidup damai dan harmonis, kan? Jadi, jangan pernah putus asa hanya karena kamu pernah mengalami kegagalan di masa lalu. Jadikanlah masa lalu tersebut sebagai sebuah pembelajaran untukmu. Sehingga nantinya, kamu pun bisa memulai hubungan baru yang lebih baik dengan orang lain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id