sign up SIGN UP

WFH Rentan Bikin Bertengkar dengan Pasangan? Ini Kiat Mengatasinya!

Octaviani | Minggu, 04 Jul 2021 16:00 WIB
WFH Rentan Bikin Bertengkar dengan Pasangan? Ini Kiat Mengatasinya!
caption

Guna mengurangi angka kenaikan covid-19, banyak perusahaan memberlakukan aturan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Dengan sistem tersebut, biasanya suami istri yang biasanya bekerja tiap hari ke kantor, jadi punya durasi waktu lebih panjang untuk selalu bertemu di rumah. Tak jarang, hal ini diketahui malah jadi membuat mereka lebih sering bertengkar.

Faktor penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena merasa terbawa stres karena pekerjaan, atau merasa tidak adil dalam pembagian tugas rumah tangga mengingat sama-sama sibuk, dan lain sebagainya.

Beautynesia punya beberapa kiat yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisir hal tersebut. Apa saja?

Bekerja di Ruangan yang Berbeda

Bekerja di ruangan terpisah dengan pasangan
Bekerja di ruangan terpisah dengan pasangan/freepik.com

Untuk kenyamanan dan konsentrasi yang prima, sebaiknya kamu dan pasangan bekerja pada ruangan yang berbeda, Beauties. Anggap saja kamu dan pasangan sedang sama-sama bekerja di kantor, dan akan bertemu kembali setelah pekerjaan selesai.

Sepakati juga bahwa di antara kalian berdua, tidak boleh saling mengganggu, kecuali memang ada hal-hal yang tak bisa ditunda. Seperti menyangkut kesehatan anak misalnya.

Rencanakan Suatu Kegiatan Setelah Bekerja

Rencanakan suatu kegiatan setelah selesai bekerja
Rencanakan suatu kegiatan setelah selesai bekerja/freepik.com

Ini penting supaya tidak stres setelah bekerja. Kamu bisa ajak pasangan untuk menonton film baru atau hanya sekadar mengobrol sambil minum teh. Kamu bisa bertukar cerita dengan pasangan, terlebih soal pengalaman sama-sama bekerja secara WFH seperti sekarang ini.

Punya Waktu Me Time

Meski WFH, nyatanya energi tetap terkuras sama halnya ketika kerja di kantor. Terlebih lagi, WFH juga bisa bikin energi terkuras hingga berkali lipat karena sambil mengurus anak yang sekolah online dan sebagainya.

Karena itu, pentingnya untuk tetap menjaga keharmonisan rumah tangga dengan tetap menyediakan me time, tanpa embel-embel anak maupun pasangan. Ini bukan hal yang egois, kok!

Saling Membantu Pekerjaan Rumah

Kebanyakan suami masih menganggap mengurus rumah adalah hanya pekerjaan istri. Padahal istri juga harus bekerja dari rumah. Biasanya hal ini akan jadi penyebab pertengkaran sama pasangan.

Sebaiknya bicarakan hal ini untuk berbagi tugas untuk pekerjaan rumah dan mengurus anak. Siapa yang lebih senggang, bisa mengerjakan pekerjaan di rumah dan menemani anak sekolah online. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id