sign up SIGN UP

FASHION

10 Tips Styling Outfit yang Wajib Kamu Ketahui

Dimitrie Hardjo | Jumat, 02 Apr 2021 12:15 WIB
10 Tips Styling Outfit yang Wajib Kamu Ketahui
caption
Jakarta -

Fashion bisa menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan jati diri kita dan untuk menambah kepercayaan diri. Tentunya penampilan kita bisa semakin menarik jika kita mengetahui bagaimana styling yang tepat. Apalagi jika kita berani untuk bereksperimen mix-and-match pakaian yang sudah kita punya.

Nah, buat kamu yang ingin tampil lebih gaya tapi masih bingung harus mulai dari mana, berikut ini adalah 10 style tips yang dilansir dari thetrendspotter.net wajib kalian ketahui.

1. Mulai dari mengatur lemari pakaian sendiri

Organisir lemari pakaian.
Organisir lemari pakaian. Foto: pexels.com

Styling dimulai dari apa yang kamu punya dalam lemarimu. Karena itu, penting untuk mengorganisir semua pakaian yang kamu punya. Kamu bisa declutter pakaian terlebih dahulu dan mengkategorikan pakaian-pakaian tersebut sesuai dengan selera.

2. Temukan penjahit bagus

Menemukan penjahit bagus.
Menemukan penjahit bagus. Foto: pexels.com

Menemukan penjahit yang bagus dan bisa menjadi langganan akan menyelamatkanmu pada waktu yang tak terduga, seperti jika mendadak harus membuat pakaian untuk acara tertentu, butuh blazer yang sesuai ukuran tubuh, mengecilkan baju atau celana, dan lain-lain. 

3. Atasan dan bawahan yang saling melengkapi

Keseluruhan look yang menyatu.
Keseluruhan look yang menyatu. Foto: pexels.com

Kamu tidak ingin terlihat terlalu bulky ketika mengenakan pakaian. Karena itu, kamu perlu mix-and-match atasan dan bawahan dengan seimbang, sebagai contoh ketika kamu mengenakan oversized shirt, pasangkan dengan skinny jeans atau legging sehingga menyeimbangkan keseluruhan look-mu. Sebaliknya, jika kamu mengenakan full skirt atau wide-leg pants, kamu bisa mempertimbangkan crop top atau atasan yang menyesuaikan bentuk badan.

4. Pilih desain yang cocok pada bentuk tubuh

Pakaian yang sesuai bentuk tubuh.
Pakaian yang sesuai bentuk tubuh. Foto: pexels.com

Mengetahui bentuk badan dan desain pakaian seperti apa yang cocok pada diri kita menjadi hal yang paling penting dalam styling. Jika kamu masih bingung desain seperti apa yang pantas untukmu, coba lihat kembali pakaian apa yang tampak paling bagus ketika kamu kenakan. Setelahnya, kamu bisa bereksperimen dengan bahan, warna, dan detil lain pada model pakaian tersebut.

5. Mencoba sebelum membeli

Coba pakaian sebelum membeli.
Coba pakaian sebelum membeli. Foto: pexels.com

Sebelum memutuskan untuk membeli, pergi ke fitting room dan cobalah dahulu pakaian itu. Terkadang apa yang kelihatan bagus saat digantung belum tentu bagus juga ketika dikenakan. 

6. Berani kombinasikan motif

Kombinasi motif yang berbeda.
Kombinasi motif yang berbeda. Foto: pexels.com

Kombinasi motif memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam keseluruhan look. Kamu bisa belajar terlebih dahulu cara mixing patterns agar tidak terlihat berlebihan dan coba praktikkan.

7. Ketahui warna yang sesuai dengan skin tone

Menyesuaikan warna pakaian dengan skin tone.
Menyesuaikan warna pakaian dengan skin tone. Foto: pexels.com

Tidak semua warna cocok pada skin tone tertentu. Kamu harus mengetahui warna-warna yang terlihat bagus pada skin tone-mu sebelum membeli pakaian-pakaian dengan warna tersebut.

Cool undertone akan cocok dengan warna hitam, putih, abu-abu, silver, dan biru, sedangkan untuk kalian yang punya warm undertone, pakaian dengan warna cokelat, kuning, gold, merah, dan olive akan sesuai denganmu. Ini menjadi faktor yang bisa mempermudah kamu dalam styling.

8. Investasi pada 3 jaket yang wajib dimiliki

Leather jacket yang memberi kesan edgy.
Leather jacket yang memberi kesan edgy. Foto: pexels.com

Outerwear bisa meningkatkan level styling-mu, walaupun gaya yang dikenakan tampak casual. Tailored blazer, leather jacket, dan denim jacket adalah 3 items yang harus kamu miliki di lemari. Blazer bisa kamu gunakan untuk gaya lebih formal, denim jacket untuk gaya casual, dan leather jacket untuk tampilan yang lebih edgy.

9. Percantik gaya kasual dengan scarf

Scarf untuk percantik tampilan.
Scarf untuk percantik tampilan. Foto: pexels.com

Bosan dengan kombinasi jaket dengan pakaian casual? Di sinilah scarf bisa kamu kenakan untuk menghilangkan kesan underdressed sekaligus mempercantik tampilan.

10. Belajar layering pakaian

Pakaian ber-layer.
Styling layer. Foto: pexels.com

Mengetahui basic layering akan sangat membantumu dalam styling. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari gaya street style fashion blogger dan melakukan eksperimen sendiri dengan baju-baju yang kamu punya, Ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id