sign up SIGN UP

FASHION

3 Cara Mudah Unyellowing Sepatu, Bikin Sepatu Putih Kembali Bersih

Pavita Sevilla | Rabu, 09 Jun 2021 12:15 WIB
3 Cara Mudah Unyellowing Sepatu, Bikin Sepatu Putih Kembali Bersih
3 cara mudah unyellowing sepatu putih/nytimes.com
Jakarta -

Sepatu putih memang dapat membuat penampilan lebih kece. Sayangnya, sepatu putih sangat rentan berubah warna menjadi kekuningan (yellowing). Sepatu putih yang menguning malah bisa membuat penampilanmu terlihat kurang maksimal, lho.

Terdapat cara untuk menghilangkan warna kekuningan pada sepatu putih yang disebut sebagai unyellowing. Nah, berikut ini pilihan 3 cara termudah unyellowing sendiri sepatumu di rumah. Yuk, simak di bawah ini!

1. Menggunakan pemutih pakaian

Menggunakan pemutih pakaian/instagram.com/vanish_id
Menggunakan pemutih pakaian/instagram.com/vanish_id

Catatan: untuk bagian sol sepatu atau sepatu putih berbahan kulit

Cara pertama yang paling umum digunakan yaitu dengan memakai pemutih pakaian. Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah pemutih pakaian yang memiliki tingkat hidrogen peroksida rendah, sikat, dan plastik wrap.

Langkahnya cukup mudah, pertama bersihkan lebih dahulu sepatu dari kotoran-kotoran yang ada. Kedua, mulai oleskan cairan pemutih pakaian pada bagian-bagian sepatu yang berubah warna kekuningan dengan menggunakan sikat. Ketiga, bungkus bagian yang sudah diolesi tadi dengan menggunakan plastik wrap. Terakhir, jemur sepatu yang sudah dibersihkan di ruangan terbuka.

Jangan menjemur sepatu di bawah matahari terik langsung karena dapat membuat sepatu menjadi lebih cepat rusak.

2. Menggunakan krim bleaching rambut

Menggunakan krim bleaching rambut/YouTube: Michael Bogaard
Menggunakan krim bleaching rambut/YouTube: Michael Bogaard

Catatan: untuk bagian sol sepatu atau sepatu putih berbahan kulit

Cara yang satu ini masih belum diketahui banyak orang, nih! Alat dan bahan yang perlu disiapkan yaitu krim bleaching, sikat, air sabun, kuas kecil dan plastik wrap. Untuk produknya, kamu bisa menggunakan produk bleaching rambut merk apapun.

Sebelumnya, jika sepatu terdapat kotoran, bersihkan dulu dengan cara menyikat sepatu dengan air sabun. Setelah bersih dan kering, baru kita bisa mulai proses unyellowing-nya.

Langkah pertama, oleskan krim bleaching secara merata pada bagian yang sudah menguning dengan menggunakan kuas. Kedua, bungkus keseluruhan sepatu dengan plastik wrap dan diamkan dalam ruangan selama 30-60 menit.

Setelah didiamkan, buka plastik wrap dan bersihkan sisa-sisa krim bleaching yang sudah mengering pada sepatu menggunakan sikat. Selesai, sepatumu akan terlihat putih bersih seperti masih baru dan sudah siap dipakai.

3. Menggunakan pasta gigi + tisu

Pasta gigi dan tisu putih/freepik.com
Pasta gigi dan tisu putih/freepik.com

Berbeda dari cara di atas, cara ini bisa kamu gunakan untuk sepatu putih yang terbuat dari bahan apapun, terutama yang berbahan kanvas dan suede, karena pasta gigi memiliki kandungan yang lebih ringan daripada bahan-bahan sebelumnya. Pastikan pasta gigi yang akan kamu gunakan memiliki kandungan bahan fluoride di dalamnya.

Caranya, oleskan pasta gigi pada sikat gigi bekas yang akan digunakan. Lalu, sikat sepatu yang sudah dibasahi dengan sikat gigi tersebut. Setelah dirasa sudah cukup bersih, bungkus sepatu dengan menggunakan tisu putih sebelum dijemur. Sesudah itu, jemur sepatu hingga kering dan sepatumu akan kembali terlihat putih bersih.

Itu dia beberapa cara unyellowing sepatu yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Enggak perlu mahal, enggak perlu ribet. Selamat mencoba!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id