sign up SIGN UP

FASHION

5 Ciri-ciri Makeup Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi!

Anindya Milagsita | Kamis, 08 Apr 2021 14:00 WIB
5 Ciri-ciri Makeup Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi!
Foto: Makeup/instagram.com/3ce_official

Ladies, pernahkah kamu memiliki produk makeup yang tersimpan lama dan lupa kapan tanggal kedaluwarsanya? Hati-hati, saat kosmetik sudah kedaluwarsa dan diaplikasikan ke wajah, bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit lho.

Untuk itu agar kamu terhindar dari kesalahan pemakaian makeup kedaluwarsa, kenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Yuk cari tahu ciri kosmetik kedaluwarsa lewat artikel berikut!

1. Tekstur Menggumpal dan Mengeras

Tekstur yang menggumpal dan mengeras.
Tanda Makeup Kedaluwarsa/sumber: freepik.com/

Ciri pertama yang mudah dikenali dari makeup kedaluwarsa adalah perubahan tekstur yang terjadi, Ladies. Saat kamu mendapati produk makeup kamu teksturnya menggumpal bahkan cenderung mengeras, sebaiknya hindari untuk dipakai ya. Kosmetik yang telah expired biasanya mengering bahkan enggak jarang menggumpal dan jadi keras lho.

Seperti produk maskara dan eyeliner yang akan mengalami kondisi kering bahkan mengeras saat telah melewati masa batas pemakaiannya. Buat masa pemakaian maskara dan eyeliner sendiri bisa bertahan selama kisaran tiga sampai enam bulan setelah produk dibuka.

2. Aroma yang Mulai Berubah

Munculnya aroma yang berbeda.
Tanda Makeup Kedaluwarsa/sumber: freepik.com/

Next, tak hanya tekstur yang berubah, ciri kosmetik kedaluwarsa bisa dilihat dari aromanya yang juga menunjukkan perubahan. Makeup kedaluwarsa akan mengeluarkan aroma tak sedap saat melewati batas waktu expired, Ladies. 

Seperti produk lipstik dan foundation yang mengalami perubahan aroma setelah memasuki masa kedaluwarsa. Buat lipstik sendiri bisa tahan untuk pemakaian satu tahun setelah produk dibuka. Foundation berbahan air juga bisa tahan selama setahun, sedangkan berbahan oil akan lebih lama dan bisa sampai dua tahun.

3. Terasa Lengket Saat Dipakai

Tekstur yang cenderung lengket saat diaplikasikan.
Tanda Makeup Kedaluwarsa/sumber: freepik.com/

Buat ciri makeup kedaluwarsa yang satu ini khusus untuk lip gloss, Ladies. Produk lip gloss yang telah memasuki masa expired punya tekstur yang lebih mengental dan cenderung menggumpal. Selain itu, saat diaplikasikan ke bibir lip gloss sulit untuk menempel bahkan terasa lengket.

4. Warna yang Memudar dan Samar

Warna yang mulai memudar.
Tanda Makeup Kedaluwarsa/sumber: freepik.com/

Warna yang memudar dan akan menjadi samar juga perlu diwaspadai. Ini bisa masuk dalam ciri kosmetik kedaluwarsa, Ladies. Tak hanya samar, produk makeup kedaluwarsa juga bisa berubah lebih gelap warnanya saat memasuki masa expired lho. 

Seperti produk blush on dan eyeshadow yang akan menunjukkan perubahan warna saat telah kedaluwarsa. Buat pemakaiannya, blush on dan eyeshadow sama-sama bisa bertahan dalam jangka waktu kurang lebih dua tahun.

5. Timbul Iritasi Setelah Memakainya

Menyebabkan iritasi saat dipakai.
Tanda Makeup Kedaluwarsa/sumber: freepik.com/

Last but not least, ciri kosmetik kedaluwarsa lainnya yang bisa kamu waspadai adalah saat memberikan efek tak nyaman setelah kamu gunakan. Makeup yang telah memasuki masa expired bisa menimbulkan kulit iritasi saat diaplikasikan ke wajah. Bakteri yang terkandung di dalam produk makeup kedaluwarsa bisa menyebabkan timbulkan iritasi ini, Ladies.

Nah, agar kamu bisa terhindar dari produk makeup kedaluwarsa ini, sebaiknya jangan buang kardus packaging produk. Hal ini dilakukan supaya nantinya saat kamu lupa kapan batas kedaluwarsa makeup yang dipakai, bisa melihat ulang dikardusnya. Kamu juga bisa mencatat tanggalnya lho untuk memudahkan dalam memantau produk makeup yang dipakai sehari-hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id