sign up SIGN UP

FASHION

5 Istilah Fashion yang Perlu Diketahui

Mellisa | Selasa, 31 Mar 2015 10:00 WIB
5 Istilah Fashion yang Perlu Diketahui
caption
Bagi para pecinta fashion pastinya tidak asing lagi dengan isitlah musiman yang sering digunakan para desainer internasional saat meluncurkan koleksi mereka, seperti spring/summer, fall/winter, dan lain sebagainya. Selain itu masih ada beberapa istilah fashion lainnya yang mungkin membingungkan bagi mereka yang awam tentang fashion. Berikut 5 istilah fashion yang perlu kamu ketahui.

Haute Couture


Istilah ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti high dressmaking (pembuatan busana tingkat tinggi). Di dalam bidang fashion istilah ini mengacu pada busana eksklusif yang dirancang untuk ukuran tertentu. Pada umumnya haute couture menggunakan bahan berkualitas tinggi dan mewah, serta menggunakan teknik penjahitan yang membutuhkan keahlian khusus serta ketelitian karena biasanya menggunakan penyelesaian dengan tangan, tak sedikit pula yang memakan banyak waktu untuk penyelesainnya.
Foto: https://www.fashionisers.com/fashion-news/giorgio-armani-prive-couture-spring-summer-2015-collection/
Koleksi couture milik Armani yang satu ini terinspirasi dari budaya Asia. Sang desainer mengambil tema bambu sebagai inspirasi, terlihat adanya motif bambu yang diaplikasikan di beberapa gaun rancangannya.
Foto: https://fashionweekdaily.com/elie-saab-couture-spring-2015/
Desainer asal Lebanon ini juga terkenal dengan koleksi couture nya yang gemerlap. Koleksi couture Spring 2015 milik Saab ini banyak bermain dengan warna pastel yang sweet dan bordiran dengan motif floral.
Foto: https://pursuitist.com/chanel-spring%E2%80%91summer-2015-haute-couture-show-is-in-full-bloom/
Di bawah arahan Karl Langerfield, brand Chanel juga merupakan salah satu brand fashion yang terkenal dengan koleksi haute couture.

Ready-to-wear


Bisa dibilang ready-to-wear ini kebalikan dari haute couture. Sesuai dengan namanya, istilah ini mengacu pada busana siap pakai. Koleksi ready-to-wear biasanya diproduksi secara massal menggunakan ukuran standar. Dengan penggunaan pola standar, peralatan pabrik, dan teknik konstruksi yang lebih cepat, koleksi ready-to-wear membutuhkan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan haute couture.
Foto: https://styloss.com/louis-vuitton-spring-summer-2015-womens-collection-ready-to-wear.html/a4-20/
Sebagian besar rumah mode mengeluarkan koleksi ready-to-wear, seperti brand Louis Vuitton yang satu ini. Brand yang pada awalnya hanya fokus pada leather luggage ini juga mengembangkan produk mereka termasuk koleksi ready-to-wear.
Foto: https://www.stylishlybeautiful.com/2014/10/pfw-spring-2015-ready-wear-day-9/
Foto: https://www.neontommy.com/news/2014/09/paris-fashion-week-valentino-review

Capsule Collection


Istilah fashion yang satu ini mungkin saja berhubungan dengan time capsule. Capsule collection atau capsule wardrobe mengacu pada fashion item yang bisa digunakan di segala musim, never out of fashion! Fashion item yang termasuk capsule wardrobe antara lain adalah rok, celana, atau jaket, yang biasanya masih bisa dipadu padankan dengan fashion item lainnya di berbagai musim.
Foto: https://all-fashion-trends.com/runway/paul-joe-aigle-capsule-collection-springsummer-2015.html
Capsule collection milik Paul & Joe and Aigle ini terdiri dari beberapa fashion item seperti boots, blouse, parka, jacket, dan scarf.

Resort Wear


Resort wear yang bisa disebut dengan 'cruise wear' ini memang sebenarnya ditujukan untuk dikenakan di sebuah 'resort'. Koleksi yang diluncurkan pada sekitar bulan November ini memang ditargetkan untuk masyarakat menengah ke atas yang pada saat musim dingin memilih untuk berlibur ke tempat yang lebih hangat. Oleh karena itu, biasanya koleksi resort collection lebih mirip busana-busana musim panas yang tipis dan juga pakaian renang.
Foto: https://www.fashionisers.com/fashion-news/chloe-resort-2015-collection/
Koleksi resort dari brand Chloe yang satu ini dipengaruhi karya arsitektur milik Charles-Edouard Jeanneret-Gris atau yang lebih dikenal dengan Le Corbusier. Sang desainer banyak bermain dengan proporsi dan volume dengan bahan sheer.
Foto: https://firstview.com/blog/tag/carolina-herrera/

Streetwear


Streetwear merupakan gaya khas dari fashion jalanan yang sering disebut juga dengan istilah street fashion. Style ini berakar dari budaya surfing dan skate West Coast yang kemudian berkembang hingga mencakup hip hop fashion, street fashion Jepang, dan haute couture fashion yang modern.
Foto: https://vslmag.com/en/a-bathing-ape-ladies-2015-ss/
A Bathing Ape merupakan salah satu brand streetwear ternama yang mengeluarkan pakaian untuk pria maupun wanita.
Foto: https://vslmag.com/en/neighborhood-ss-2015-lookbook/
Meskipun pada umumnya streetwear banyak didominasi oleh budaya skate dan hip-hop, koleksi Neighborhood banyak terpengaruh dari motorcycle lifestyle.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id