sign up SIGN UP

5 Kiat Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan Agar Tidak Bau Apek! Mudah dan Cepat

ira syafira | Senin, 15 Nov 2021 20:30 WIB
5 Kiat Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan Agar Tidak Bau Apek! Mudah dan Cepat
caption

Memasuki musim hujan salah satu hal yang sering membuatmu galau adalah perihal mengeringkan pakaian. Mencoba dengan mengeringkannya di dalam ruangan juga bukan solusi yang terlalu efektif. Karena dapat menyebabkan pakaian berbau apek atau tak sedap. 

Akan tetapi, ada cara yang bisa Beauties lakukan untuk menghindari pakaian kamu kering tanpa berbau apek, lho! Salah satunya adalah memperhatikan bagaimana cara mencuci pakaian tersebut. Ini lima kiat mudah yang bisa kamu coba.

1. Mengeringkan Pakaian dengan Setrika Berlapis Kain

Mengeringkan Pakaian dengan Setrika/Foto: Pexels/Cottonbro
Mengeringkan Pakaian dengan Setrika/Foto: Pexels/Cottonbro

Selain biasa digunakan untuk merapikan pakaian setelah kering, ternyata setrika juga bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian lebih cepat. Penggunaan setrika ini bisa kamu lakukan ketika pakaian sudah setengah kering, yha

Cara pertama sebelum menyetrika, kamu bisa lapisi baju dengan kain supaya air tidak langsung menyentuh ke setrika. Nantinya panas setrika ini akan membuat sisa-sia air pada serat pakaian menguap perlahan. Untuk mencegah pakaian berbau apek, Beauties bisa semprotkan pewangi pakaian terlebih dahulu. Setelah selesai, jangan langsung digunakan, sebaiknya gantung dulu sekitar 10-15 menit hingga air benar-benar menguap.

2. Keringkan Pakaian dengan Handuk

Keringkan Pakaian dengan Handuk/Foto: Pexels/Dom J
Keringkan Pakaian dengan Handuk/Foto: Pexels/Dom J

Apa kamu pernah mendengar cara mengeringkan pakaian dengan handuk? Jika belum, maka kamu harus tahu cara yang satu ini. Tenyata, handuk bisa menjadi alternatif untuk mempercepat keringnya pakaian. 

Untuk melakukannya, siapkan dulu handuk tebal yang kering dan bersih, handuk yang tebal akan membantu menyerap lebih baik. Caranya kamu bungkus pakaian di dalam handuk baru kemudian dimasukkan ke mesin pengering. Mencuci dengan handuk ini membuat pakaianmu kering jauh lebih cepat ketika dijemur karena air akan terserap ke handuk, sehingga bisa mengurangi risiko bau apek.

3. Simpan Pakaian di Dalam Freezer

Simpan Pakaian di Dalam Freezer/Foto: Pexels/Max Vakhtbovych
Simpan Pakaian di Dalam Freezer/Foto: Pexels/Max Vakhtbovych

Kedengarannya trik satu ini memang cukup unik dan berbeda dengan sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba nih Beauties. Trik ini cukup mengandalkan freezer di lemari es yang kamu miliki. Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu ingin mengeringkan satu pakaian yang akan digunakan esok hari. 

Cukup cuci pakaian seperti biasa kemudian keringkan, masukkan pakaian kering ke dalam kantong plastik dan simpan dalam freezer kulkas. Biarkan semalaman, lalu cek keesokan harinya, kamu akan terkejut pakaianmu telah kering dan siap dipakai. Eits, tapi sebaiknya kamu setrika dulu untuk menghilangkan dingin dan merapikan lipatan pakaian.

4. Manfaatkan Pengering Pada Mesin Cuci

Manfaatkan Pengering Pada Mesin Cuci/Foto: Unsplash/Jeremu Sallee
Manfaatkan Pengering Pada Mesin Cuci/Foto: Unsplash/Jeremu Sallee

Jika kamu memiliki mesin cuci di rumah, maka kamu bisa lakukan cara yang lebih praktis. Coba untuk manfaatkan mesin pengering yang ada semaksimal mungkin agar pakaianmu bisa kering lebih cepat. Cara mengeringkannya, pisahkan dulu pakaian-pakaian yang berat seperti jeans, handuk, sweater, serta lainnya. Pakaian tebal harus dikeringkan terpisah karena pengeringannya lebih sulit.

Sementara untuk pakaian biasa kamu bisa gabungkan dan langsung dikeringkan. Jangan lupa, ketika mengeringkan, kamu bisa gunakan high spin untuk hasil kering lebih maksimal. Baru setelah semua dikeringkan, gantung pakaian dengan jarak tidak terlalu dekat, agar setiap pakaian mendapatkan aliran udara.

5. Perhatikan Proses dan Ruang Penjemuran

Perhatikan Proses dan Ruang Penjemuran/Foto: Unsplash/Megan Lee
Perhatikan Proses dan Ruang Penjemuran/Foto: Unsplash/Megan Lee

Saat memasuki musim hujan, sinar matahari pasti lebih minim dibanding biasanya. Oleh sebab itu, kamu harus perhatikan ruang untuk menjemur pakaian. Kamu bisa memperhatikan beberapa aspek, mulai dari penempatannya hingga situasi ruang tersebut.

Pastikan tempat menjemur memiliki ventilasi ruang yang baik. Jika perlu, kamu bisa nyalakan kipas angin atau meletakkan dehumidifier untuk menyerap kelembapan udara. Selain itu, usahakan tempat tersebut memiliki lampu atau penerangan. Perhatikan juga jarak antar pakaian, jangan terlalu dekat, sebab pakaianmu akan kering lebih lama.

Nah, itulah beberapa tips bagaimana mengeringkan pakaian lebih cepat selama musim hujan dan menghindari risiko bau apek. Selamat mencoba, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id