sign up SIGN UP

5 Selebriti Ini Sukses Membangun Bisnis Fashion, Ada yang Pemasukannya Sampai 1 Miliar Dolar!

Rayoga Firdaus | Kamis, 14 Oct 2021 16:30 WIB
5 Selebriti Ini Sukses Membangun Bisnis Fashion, Ada yang Pemasukannya Sampai 1 Miliar Dolar!
caption
Jakarta -

Penutupan label fashion Fenty milik Rihanna pada awal tahun 2021 ini membuktikan bahwa bagi selebriti sekaliber Rihanna yang sukses dengan bisnis lini kecantikan, belum tentu meraih sukses di dunia fashion. Namun bukan berarti mustahil bagi seorang selebriti untuk menjajal peruntungan di industri ini. Tentu memiliki nama besar adalah sebuah hal yang menguntungkan dalam hal pemasaran. Namun ada banyak faktor yang mendukung kesuksesan seorang desainer atau mereka yang membuat label. Semisal, identitas desain yang kuat, target pasar yang jelas, distribusi, dan tentunya kualitas produk. Selain itu, hal lain yang bisa dipelajari dari beberapa selebriti yang sukses dengan lini fashion nya adalah, kesabaran dan kegigihan untuk bangkit dari kegagalan. Siapa saja mereka?

The Row Milik Ashley dan Mary-Kate Olsen

The Row spring/summer 2022The Row spring/summer 2022/ Foto: Courtesy of The Row


Si kembar Olsen lewat label mereka The Row telah menjadi panutan dan standar kesuksesan bagi selebriti yang hendak membangun bisnis fashion. Berdiri pada tahun 2006, The Row membidik konsumen kelas atas dengan desain minimalis. Salah satu produk ikonis mereka adalah sebuah tas model ransel dengan bahan kulit buaya yang dijual seharga 42 ribu USD atau setara Rp598 juta. Meski mahal, tas tersebut terjual habis.

Ashley Olsen Mary Kate OlsenAshley Olsen Mary Kate Olsen/ Foto: Getty Images/Nelson Barnard

Dukungan penuh juga diberikan oleh para pelaku industri fashion di mana Ashley dan Mary-Kate pernah memenangkan penghargaan dari Council of Fashion Designers of America untuk kategori Desainer Busana Perempuan Terbaik dan Desainer Aksesori terbaik. Pada tahun 2019, situs Business of Fashion mengestimasi penjualan dari The Row pada tahun tersebut nilainya mencapai 200 juta USD!

Ivy Park Milik Beyoncé

Beyoncé in a look from her new collection Ivy Park Rodeo.Beyoncé in a look from her new collection Ivy Park Rodeo./ Foto: Courtesy of Ivy Park/Courtesy of Ivy Park


Jatuh bangun dilalui Beyoncé dalam menjalankan bisnis fashion. Setelah menutup label House of Dereon yang dijalankan bersama sang Ibu pada tahun 2012, empat tahun kemudian Beyoncé pun kembali mencoba peruntungan lewat Ivy Park. Kala itu ia bekerja sama dengan retailer asal Inggris, Topshop. Namun skandal pelecehan seksual yang menimpa pendiri Topshop, Philip Green, membuat Beyoncé untuk mengakuisisi penuh kepemilikan Ivy Park. Kini Ivy Park yang hadir dengan gaya streetwear sukses menarik atensi berkat kolaborasinya bersama Adidas.

Victoria Beckham

Koleksi Victoria Beckham Resort 2022Koleksi Victoria Beckham Resort 2022/ Foto: dok. Courtesy of Victoria Beckham


Semasa masih aktif sebagai penyanyi bersama grup Spice Girls, Victoria yang dijuluki 'Posh' memang dikenal memiliki ketertarikan besar terhadap dunia fashion. Pada tahun 2008 ia resmi mendirikan label pribadi dengan namanya. Desainnya yang feminin dan kasual berhasil menarik perhatian para pencinta fashion dan bahkan sering dipakai selebriti lain di red carpet.

Meski sempat kesulitan mencetak profit, pada tahun 2019 situs Business of Fashion melaporkan bahwa pendapatan labelnya naik 7 persen dari tahun sebelumnya yakni sebesar 52,6 juta USD.

Skims Milik Kim Kardashian West

Paris Hilton Kim KardashianParis Hilton Kim Kardashian/ Foto: SKIMS


Sukses dengan label kecantikan KKW Beauty, Kim Kardashian West juga berhasil mengembangkan bisnis busana kategori loungewear dan shapewear miliknya, Skims. Forbes mengestimasi nilai dari bisnisnya ini mencapai 225 juta USD.

Jessica Simpson Collection Milik Jessica Simpson

Jessica Simpson dari instagram.Jessica Simpson dari instagram./ Foto: Dok. Instagram/jessicasimpson


Sudah jarang aktif di dunia hiburan, tampaknya penyanyi dan aktris Jessica Simpson lebih berfokus mengurusi bisnis label fashion miliknya. Di mana berhasil meraup pemasukan hingga 1 miliar USD. Bermula dari sepatu, kini Jessica Simpson telah berekspansi dengan melansir lini busana dan aksesori lainnya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id