sign up SIGN UP

FASHION

6 Cara Merawat Tas Kulit Agar Tetap Bersih dan Wangi Tanpa Merusak Bahan

Pavita Sevilla | Jumat, 25 Jun 2021 07:30 WIB
6 Cara Merawat Tas Kulit Agar Tetap Bersih dan Wangi Tanpa Merusak Bahan
caption
Jakarta -

Tas kulit merupakan tas pilihan banyak orang karena kesannya yang terlihat mewah. Selain itu, beberapa orang juga menilai bahwa perawatan tas kulit ini cukup mudah. Namun, pada kenyataannya perawatan tas kulit itu bisa dibilang gampang-gampang susah dan sedikit tricky. Salah-salah cara perawatan, tas kulit malah bisa cepat rusak.

Eits, tapi jangan khawatir, 6 cara ini dapat membantu untuk merawat tas kulit kesayanganmu. Yuk, langsung simak di bawah!

1. Jangan biarkan terpapar sinar matahari terlalu lama

Jangan terpapar sinar matahari terlalu lama/unsplash.com
Ilustrasi tas yang terpapar sinar matahari/unsplash.com

Jangan biarkan tas kulitmu terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Hal ini dapat membuat warna tas memudar dan bahan tas menjadi lebih cepat rusak. Selain itu, sering terpapar sinar matahari juga akan menyebabkan tas kulitmu menjadi lebih cepat bau. Akan lebih baik jika kamu memiliki beberapa tas, sehingga kamu bisa memakai tas bergantian dan tas kulitmu tidak akan terlalu sering terpapar sinar matahari.

Lalu, bagaimana jika tas tersebut basah? Maka, cukup keringkan dengan cara menjemur di dalam ruangan, keringkan dengan hair dryer suhu yang paling rendah, atau bisa juga jemur di luar ruangan, dengan catatan bahwa tempatnya tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Jangan simpan tas di tempat yang lembap

Selain jangan sering terpapar sinar matahari langsung, tas kulit juga jangan dibiarkan disimpan di tempat yang lembap. Simpan tas kulit di tempat yang tidak tertutup dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Tas kulit yang terlalu lama disimpan di tempat lembap akan mudah terkena jamur.  

3. Gunakan dust bag

Ilustrasi kotak, dust bag, dan tas/pixabay.com
Ilustrasi kotak, dust bag, dan tas/pixabay.com

Ketika kamu membeli tas, biasanya sudah terdapat dust bag untuk membungkus tas tersebut. Gunakan dust bag tersebut untuk menyimpan tasmu. Dust bag sangat berguna, sebab dapat melindungi tas dari debu tanpa membuat udara di dalamnya menjadi lembap.

Jika memang tidak terdapat dust bag, untuk alternatif lain, kamu bisa gunakan kain lain yang tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis untuk dijadikan pengganti dust bag.

4. Jangan menumpuk tas

Ketika kamu menyimpan tas, pastikan tas tidak tertumpuk tas lain atau barang lain, apalagi tertumpuk dengan barang yang berat. Tas kulit yang disimpan dengan cara ditumpuk, lama kelamaan akan terlihat lipatan di bagian luarnya serta merusak bentuk awal dari tas tersebut. Hal ini pasti akan mengurangi tampilan tasmu.

5. Rajin membersihkan tas

Ilustrasi membersihkan tas/marieclaire.co.uk
Ilustrasi membersihkan tas/marieclaire.co.uk

Tidak mudah kotor memang menjadi salah satu kelebihan tas kulit dibandingkan tas dengan bahan lain. Tapi, kamu juga harus tetap rajin membersihkan tas kulitmu. Apalagi jika kamu melihat tasmu terkena noda, segera bersihkan noda tersebut, ya.

Buatlah jadwal rutin untuk membersihkan tas kulit. Setidaknya, bersihkan bagian terluar tas setiap seminggu sekali jika sering digunakan, atau 2 minggu sekali. Bersihkan dengan cara mencampurkan sabun cair dan air hangat, lalu usap dengan kain yang halus. Keringkan bagian yang basah dengan cara mengusapkan kain atau handuk. Hindari menggunakan deterjen dan sikat saat membersihkan tas kulit.

6. Gunakan baking powder untuk menghilangkan bau

Baking powder/thefamilythathealstogether.com
Baking powder/thefamilythathealstogether.com

Tas kulitmu terasa bau? Hilangkan baunya dengan baking powder! Jangan menggunakan parfum untuk menghilangkan bau pada tas kulit, karena kandungan minyak dan alkohol yang ada di dalamnya bisa membuat bahan tas kulit tersebut menjadi cepat rusak.

Masukkan baking powder dengan takaran semangkuk kecil pada bagian dalam tas. Simpan tas yang sudah terdapat baking powder di dalam dust bag atau kain pembungkus lain. Diamkan selama 24 jam, dan bau di tas kulitmu akan menghilang.

Jadi, apakah perawatan untuk tas kulitmu selama ini sudah tepat? Yuk, mulai rawat tas kulit dengan cara yang tepat dari sekarang juga agar lebih awet dan selalu terlihat seperti baru.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id