sign up SIGN UP

6 Fakta Menarik Kostum Superhero 'Eternals', Beda dari Film Marvel Sebelumnya

Henny Alifah | Sabtu, 13 Nov 2021 12:00 WIB
6 Fakta Menarik Kostum Superhero 'Eternals', Beda dari Film Marvel Sebelumnya
caption

Eternals, yang resmi rilis di bioskop Indonesia pada 10 November ini, menghadirkan 10 superhero baru ke dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Berdasarkan karakter Marvel Comics yang dibuat oleh Jack Kirby, Eternals merupakan sekelompok makhluk purba abadi yang dikirim ke Bumi ribuan tahun lalu untuk melindungi umat manusia dari Deviants, ras predator alien.

Eternals merupakan film ke-26 dari Marvel Cinematic Universe. MCU sendiri telah dimulai sejak tahun 2008 dengan Iron Man. Sejak saat itu, Marvel Studios telah merilis banyak film superhero dengan kostum khasnya masing-masing. Lantas, bagaimana dengan kostum superhero Eternals?

1. Rancangan Desainer Kostum Ant-Man hingga X-Men

Sammy Sheldon Differ dan 'Sersi' Gemma Chan
Sammy Sheldon Differ dan 'Sersi' Gemma Chan/ Foto: JAY MAIDMENT/MARVEL via Elitedaily.com

Meski para penonton mungkin asing dengan sosok sang desainer, tetapi sebagian besar akan familiar dengan karya-karyanya. Dialah Sammy Sheldon Differ, yang telah lama malang-melintang di kancah kostum film superhero, aksi, dan fantasi. Kamu bisa kenali karya populer pertamanya dalam kostum Black Hawk Down untuk Ridley Scott yang ia rancang pada tahun 2001.

Sammy Sheldon Differ juga merupakan desainer untuk kostum X-Men: First Class (2011), Jurassic World: Fallen Kingdom (2018), dan Marvel’s Ant-Man (2015). Setelah hampir 20 tahun berkarya, Sammy Sheldon Differ kini merancang kostum superhero terbaru Marvel, yang tak lain dan tak bukan adalah Eternals.

2. Konsep Awal

'Eternals' di balik layar
Pemain Eternals/ Foto: Twitter.com/gemma_chan

Melansir laman The Walt Disney Company, konsep awal untuk kostum superhero Eternals datang dari Ryan Meinerding, Kepala Pengembangan Visual Marvel Studios, serta diskusinya dengan sutradara Chloé Zhao dan desainer Sammy Sheldon Differ.

Mereka tidak ingin membuat setelan superhero yang terlihat seperti seragam. Kostum yang seragam sudah pernah terlihat di X-Men, yang tampil serba hitam. Dan jika suatu saat X-Men bergabung ke MCU, pertemuannya dengan superhero Eternals mungkin akan tampak konyol.

Seperti X-Men, Eternals juga merupakan satu unit superhero. Namun berbeda dengan X-Men, tim produksi menciptakan kostum unik untuk setiap superhero Eternals dengan menyesuaikan karakter masing-masing.

3. Berbeda Tapi Terlihat Padu

Poster 'Eternals'
Poster Eternals/ Foto: Twitter.com/TheEternals

Untuk Eternals, mereka menggunakan palet warna berbeda yang terinspirasi oleh kosmos dan langit malam untuk mempertahankan individualitas masing-masing superhero. Dengan demikian, palet warna yang dibuat oleh Jack Kirby untuk Eternals dalam buku komik menginspirasi kostum superhero yang akhirnya muncul di layar.

Tampak keren dan abadi dengan elemen modern, kostum superhero Eternals juga memiliki elemen desain terpadu untuk memperkuat bahwa mereka berasal dari alam semesta yang sama. Ini sedikit berbeda dari Avengers, yang memang asal mulanya adalah superhero dengan sejarah dan cerita yang berdiri sendiri.

4. Dibuat Secara Organik

Poster 'Eternals'
Poster Eternals/ Foto: Twitter.com/TheEternals

Konsep dan ide yang dihasilkan selama beberapa bulan pertama memberikan batu loncatan bagi Sheldon Differ untuk kemudian mengolah kostum Eternals di workshop Pinewood Studios London. Di sana, dia bekerja dengan rekannya, Ivo Coveney, supervisor kostum FX, untuk menghidupkan semua desain.

Sheldon Differ dan timnya meneliti kosmos, alam, mineral, nebula, dan bebatuan sehingga menghasilkan tampilan galaksi purba dan setelan superhero yang memberi kesan terbuat dari bahan organik. Mereka pun memutuskan untuk untuk membuat pola yang belum pernah ada, sehingga harus membuatnya secara organik.

Sebagai blue print, mereka membuat beberapa lukisan per karakter yang semuanya dalam palet warna masing-masing. Kemudian untuk setiap kostum, dilakukan pencetakan digital dengan eksperimen pada permukaan kain dan urethane untuk mencapai efek 3D di dalam kain sambil tetap mempertahankan peregangan. Mereka membuat sekitar 10 pola untuk setiap kostum superhero. Dengan kata lain, mereka membuat 100 kostum!

Sheldon Differ memperkirakan kostum pertama membutuhkan waktu sekitar lima bulan untuk dikembangkan dan dibuat. Setelah kostum pertama selesai, kostum lain memakan waktu antara dua hingga tiga minggu untuk dibuat.

5. Kostum Pemikir dan Petarung

Superhero Eternals
Poster Eternals/ Foto: MARVEL via Twitter.com/seasonbackpack

Selain itu, Chloé Zhao juga ingin kostum Eternals dapat dibedakan menjadi dua kelompok yakni pemikir dan pejuang. Dari sepuluh superhero Eternals, lima di antaranya adalah pemikir dan lima lainnya adalah petarung. Sheldon Differ membuat perbedaan di kostum mereka dengan motif panjang seperti gaun untuk pemikir dan eleman seperti armor (baju zirah/baju besi) untuk petarung.

Menurut Ivo Coveney, kelompok pemikir adalah Ajak, Pastos, Sersi, Sprite. Sementara kelompok petarung adalah Ikaris, Thena, Gilgamesh, Kingo. Sementara Druig dan Makkari adalah dua anggota Eternals yang berada di tengah-tengah pemikir dan petarung karena menggunakan kekuatan fisik dan kemampuan berpikir secara seimbang.

6. Pakaian Sipil Eternals

Salma Hayek pemeran Ajak di 'Eternals'
'Ajak' Salma Hayek/ Foto: MARVEL via thewaltdisneycompany.com

Kisah Eternals membentang selama ribuan tahun, sehingga tim Sheldon Differ juga bertanggung jawab untuk menciptakan pakaian sipil Eternals dalam kurun waktu tersebut. Tim desainer berdiskusi dengan para antropolog untuk membuat kostum sipil Eternals tetap relevan di setiap zaman yang mereka dilalui.

Mulai dari adegan selama Kekaisaran Gupta pada 400 M sampai adegan di London pada masa sekarang, kostum Eternals tetap mencerminkan kepribadian masing-masing karakter. Tim desainer selalu menggunakan elemen warna utama mereka, meskipun itu hanya sentuhan kecil. Misalnya, hari ini Ajak memakai denim dengan warna krem ​​dan cokelat, karena warna utamanya adalah biru dan emas.

Setelah Marvel Studios mengalami tahun libur pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19, kini berbagai film dan acara telah dirilis. Dan, Eternals dengan kostum superhero-nya yang tampil beda menjadi tambahan terbaru untuk MCU.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id