sign up SIGN UP

6 Sunglasses Berdesain Unik dan Paling Ikonis Sepanjang Masa! Ada yang Lebih Cocok Jadi Pajangan

Rayoga Firdaus | Jumat, 03 Sep 2021 20:00 WIB
6 Sunglasses Berdesain Unik dan Paling Ikonis Sepanjang Masa! Ada yang Lebih Cocok Jadi Pajangan
caption
Jakarta -

Selain gaun dan tas, fashion item lain yang juga turut berkembang dalam sejarah dunia mode adalah sunglasses. Lebih dari sekadar karena alasan fungsional semata, sunglasses adalah sebuah aksesori pelengkap penampilan wajib ada bagi sebagian orang. Kita mengenal model cat-eye yang feminin, oversize yang terlihat cool, atau mini frame yang belakangan menjadi tren. Namun ternyata terdapat deretan desain unik lainnya dan tak kalah ikonis. Seperti apa? Berikut 6 desain sunglasses paling ikonis sepanjang masa.

André Courrèges, Eskimo Glasses

André Courrèges, Eskimo GlassesAndré Courrèges, Eskimo Glasses/ Foto: 1stdibs


Desainer legendaris André Courrèges dikenal dengan garis desainnya yang futuristik di era '60an dan'70an. Dan pada era tahun 1964 sang desainer melansir sebuah sunglasses unik yang diberi nama Eskimo. Dengan bagian shades yang nyaris tertutup penuh, tentu kacamata ini lebih layak dijadikan pajangan atau aksesori lainnya. Meski tak dijual lagi secara komersial, di situs jual barang antik mewah 1st Dibs, sunglasses ini dijual seharga 2250 USD.

Christian Roth

Christian Roth sunglassesChristian Roth sunglasses/ Foto: Getty Images


Dikenal sebagai kacamata Kurt Cobain, sunglasses rancangan Christian Roth sering terlihat melengkapi penampilan sang musisi di masa kejayaanya pada era '90 an. Bahkan kini dianggap sebagai salah satu fashion item berpengaruh dan mencirikan gaya dari era tersebut.

Oakley OVERTHETOP

Oakley OVERTHETOPOakley OVERTHETOP/ Foto: Getty Images/Francois-Xavier Marit/AFP


Kamu yang besar di era awal 2000an pasti familiar dengan sunglasses dengan desain unik ini. Merupakan lansiran dari Oakley, sunglasses ini mulai populer ketika dikenakan oleh Ato Boldon, seorang atlet lari asal Trinidad kala berpartisipasi di Olimpiade 2000, Sydney. Meski desainnya terbilang aneh dan sulit untuk dikenakan dalam aktivitas sehari-hari namun sunglasses ini sukses di pasaran. Dan dianggap revolusioner karena menggantikan tren sunglasses bergaya futuristik ala film The Matrix.

Shutter Shades

Kanye WestKanye West/ Foto: Pinterest


Satu lagi sunglasses paling populer di era 2000an yakni Shutter rancangan Alain Mikli. Mengambil model aviator yang klasik, Mikli memberi sentuhan kontemporer lewat aksen 'teralis'. Popularitas sunglasses ini langsung meroket begitu Kanye West sering menggunakannya dalam setiap kesempatan.

Prada Baroque

Prada BaroquePrada Baroque/ Foto: Courtesy of Prada


Rumah mode Prada turut andil dalam memperbarui tren sunglasses. Di mana melansir sebuah sunglasses model oversized dengan desain tungkai yang bergelombang. Mencirikan nama dari model ini. Desainnya yang klasik namun sarat statement langsung menjadi favorit para selebriti seperti Ashley Olsen.

Andy Wolf Ojala Glasses

Andy Wolf Ojala GlassesAndy Wolf Ojala Glasses/ Foto: Getty Images

Tren tiny sunglasses belakangan ini tampaknya bermula ketika Rihanna mengenakan kreasi Andy Wolf Ojala di red carpet, Cannes pada tahun 2017 lalu. Meski tidak terlalu fungsional namun kehadiran model mini frame ini seolah mempertegas bahwa sunglasses juga dapat menjadi sebuah aksesori utama pelengkap gaya selayaknya sepatu atau tas.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id