sign up SIGN UP

FASHION

Cari Tahu Asal Usul Bridesmaid dalam Pernikahan

Ananda Mareva | Selasa, 12 Mar 2019 13:00 WIB
Cari Tahu Asal Usul Bridesmaid dalam Pernikahan
caption
Bridesmaid atau biasa disebut pengiring pernikahan biasanya adalah orang terdekat bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan tersebut. Bisa keluarga, kerabat maupun sabahat sendiri, kehadiran pengiring pernikahan ini biasanya ada pada konsep pernikahan internasional, namun pengiring pernikahan sudah banyak pada tema pernikahan semi modern. Sering kali pengiring pernikahan sendiri tidak paham dengan asal usul bridesmaid ini, pada artikel ini akan membahas asal usul bagaimana terbentuknya bridesmaid itu sendiri.

Zaman Romawi Kuno


Foto: https://www.weddingku.com/blog/asal-usul-bridesmaid-dalam-pernikahan

Perayaan yang hikmat dan meriah menjadi pernikahan impian bagi seluruh pasangan didunia. Banyak yang berfikir kehadiran Bridesmaid hanya untuk memeriahkan pesta pernikahan saja, nyatanya bridesmaid berasal dari zaman romawi kuno. Menurut hukum yang berlaku saat itu pada pernikahan diharuskan adanya 10 orang saksi yang hadir sebagai pendahulu sebelum hadirnya pengantin. Baik pendamping pengantin laki-laki maupun perempuan akan diminta untuk berpakaian layaknya pengantin. 


Untuk Mengecoh Roh Jahat


Foto: https://www.weddingku.com/blog/asal-usul-bridesmaid-dalam-pernikahan

Konon katanya, para bridesmaid atau pengiring penganti memakai baju yang sama dengan para pengantin bertujuan untuk menghindarkan pengantin dari roh jahat atau orang-orang yang berniat untuk berbuat tidak baik kepada pengantin.

Dikarenakan pada zaman dahulu perjalanan yang ditempuh calon pengantin untuk sampai ke tempat calon pasangannya memang cukup jauh. Dengan adanya 10 orang lain yang mengenakan busana yang sama dengan mempelai wanita, diharapkan roh jahat yang akan mengganggu, juga para penjahat seperti perampok dan lainnya akan bingung dan kesulitan menemukan pengantin yang sebenarnya.


Membantu Calon Pengantin


Foto: https://www.weddingku.com/blog/asal-usul-bridesmaid-dalam-pernikahan

Makna pernikahan adalah proses menyatunya 2 insan yang saling mencintai, tidak berbeda dengan tujuan pernikahan adalah untuk menyatukan 2 hati menjadi satu. Pada momen ini pastilah para pengantin menginginkan acara yang hikmat dan meriah.

Tidak berbeda dengan zaman romawi kuno dahulu, pada zaman ini para bridesmaid ataupun pengiring pernikahan mempunyai tugas penting saat acara pernikahan, salah satunya adalah membantu dan menemani mempelai pengantin. Maka dari itu biasanya calon pengantin wanita umumnya memilih beberapa orang terdekat, seperti sahabat, untuk dijadikan sebagai bridesmaid, untuk menemani mereka menghadapi hari istimewa.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id