sign up SIGN UP

Catat, Inilah Tips Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula

Dimitrie Hardjo | Rabu, 23 Jun 2021 14:15 WIB
Catat, Inilah Tips Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula
caption
Jakarta -

Di zaman yang serba mengutamakan hidup minimalis, jumlah pakaian pun bisa dibuat seminimal mungkin dengan memaksimalkan fungsi dan kepraktisan. Kamu bisa memulainya dari lemarimu sendiri dengan membuat capsule wardrobe lho! Capsule wardrobe bisa mempengaruhi kebiasaan konsumsi sandang karena kita sudah memiliki perencanaan akan apa yang kita kenakan sebelumnya. Jadi, tidak hanya lemari kita yang lebih tertata, tapi kita juga mendukung sustainability.

Buat kamu yang masih bingung apa itu capsule wardrobe dan bagaimana cara membuat capsule wardrobe, yuk simak beberapa tips memulai capsule wardrobe berikut ini. Semoga bermanfaat ya!

Apa itu capsule wardrobe?

Pengertian capsule wardrobe.
Pengertian capsule wardrobe. Foto: unsplash.com

Capsule wardrobe dibuat dari beberapa jumlah pakaian yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan bisa di-styling satu sama lain untuk membentuk banyak penampilan yang berbeda. Biasanya capsule wardrobe ini dibuat berdasarkan musim atau bertahan sekitar 3 bulan sebelum diganti menyesuaikan musimnya. Namun, karena di Indonesia hanya memiliki 2 musim, kemarau dan hujan, maka kamu bisa menyesuaikan durasinya kembali sesuai dengan cuaca.

Apa manfaat membuat capsule wardrobe?

Manfaat membuat capsule wardrobe.
Manfaat membuat capsule wardrobe. Foto: unsplash.com

Dengan memiliki jumlah dan jenis pakaian yang sudah diatur sebelumnya, kamu bisa menghemat biaya untuk membeli pakaian. Selain itu, kamu bisa menggunakan kreativitasmu, bereksperimen untuk mengenakan satu pakaian berkali - kali dengan style yang berbeda.

Bagaimana cara memulai capsule wardrobe?

Tips membuat capsule wardrobe.
Tips membuat capsule wardrobe. Foto: unsplash.com

1. Buat perencanaan

Tips dalam video yang diberikan Justine Leconte, desainer dan Youtuber asal Perancis, buat perencanaan capsule wardrobe dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana cuaca di daerahmu?
  2. Bagaimana gaya hidup dan aktivitas yang kamu lakukan?
  3. Apa gaya personal dan seleramu?
  4. Apa ukuran pakaianmu?
  5. Warna apa yang cocok denganmu dan kamu sukai?
  6. Apa yang sudah kamu punya dalam lemari?
  7. Tentukan budget dan preferensi (merk lokal, pakaian yang sustainable, dan lain - lain.)
  8. Buat kategori koleksi, mulai dari atasan, outer, hingga celana atau rok.

2. Pilihlah pakaian yang sangat kamu sukai 

Walaupun tidak ada aturan pasti untuk menentukan jumlah pakaian, usahakan agar jumlah pakaianmu cukup dan tidak berlebihan agar semua pakaian bisa terpakai lebih dari satu kali. Karena itu, kamu harus benar - benar menyukai apa yang kamu masukan dalam capsule wardrobe kamu.

Contoh, berikan batasan maksimal 40 pakaian dalam lemari, termasuk atasan, bawahan, dan dress favorit yang bisa kamu kenakan selama berbulan - bulan.

3. Siapkan pakaian basic dengan warna netral

Karena membutuhkan pakaian dengan jumlah seminimal mungkin, maka utamakan pakaian - pakaian yang wajib dimiliki, seperti basic t-shirt, kemeja polos, kaos lengan panjang, celana panjang, atau rok dengan warna - warna netral. Kamu bisa memilih warna beige, hitam, abu - abu, atau putih yang mudah dikoordinasikan dengan warna lain.

4. Menentukan aksesoris

Kalung, gelang, tas, dan sepatu bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan pastinya bisa dikombinasikan dengan pakaian - pakaian lain. Jumlah sepatu yang kamu butuhkan bisa kamu sesuaikan dengan gaya hidupmu. Selain itu, pilihlah satu atau dua tas dengan model yang cocok untuk segala style yang kamu buat dari capsule wardrobe-mu. 

5. Buat daftar belanjaan yang spesifik

Setelah menentukan semua yang ingin dipersiapkan sebagai capsule wardrobe dan membayangkan tampilan seperti apa yang kamu inginkan, buatlah daftar belanjaan yang spesifik. Jika kamu sudah mempunyai beberapa pakaian yang kamu sukai, kamu bisa masukan pakaian tersebut dalam capsule wardrobe untuk mengurangi belanja. Namun, jika masih ada yang kurang, catatlah dalam daftar belanjaanmu.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id