sign up SIGN UP

FASHION

Eco-friendly Hair Removal yang Ampuh Bersihkan Bulu Tubuh

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 13 Feb 2021 19:30 WIB
Eco-friendly Hair Removal yang Ampuh Bersihkan Bulu Tubuh
caption

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini masyarakat sedang gencar untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan. Kantong plastik dan botol plastik semakin dikurangi karena menimbulkan dampak negatif bagi bumi karena plastik sulit terurai. Berbagai langkah bisa dilakukan untuk mendukung gerakkan ini, salah satunya dengan mengurangi limbah plastik dari beauty routine kita.

Tidak hanya packaging skincare yang biasa terbuat dari plastik, tapi pisau cukur yang biasa kamu gunakan juga terbuat dari plastik. 

Bagi kalian yang lebih suka mencukur bulu, pasti mengetahui saran untuk mengganti alat cukur setelah 5 kali penggunaan karena bakteri semakin menumpuk setiap pemakaian. Kebiasaan mengganti alat cukur memang kurang sustainable bagi lingkungan, tapi jangan bingung, masih ada pilihan hair removal lain yang lebih eco-friendly.

Yuk, coba beberapa tips ini seperti yang dilansir dari thegreenhubonline.com!


1. Menggunakan Alat Cukur Stainless Steel

Mengganti alat cukur plastik dengan stainless steel
Tidak memakai alat cukur plastik sekali pakai. Foto: freepik.com

Alat cukur plastik sekali pakai memang nyaman untuk digunakan. Kita tidak perlu repot untuk mengganti pisau cukur, cukup membeli yang baru. Namun, inilah yang menjadi salah satu faktor menumpuknya sampah plastik di laut. Menggunakan alat cukur stainless steel dengan pisau cukur bisa diganti lebih disarankan untuk digunakan.

Selain lebih eco-friendly, kamu bisa memakai alat cukur stainless steel dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Lakukan Sugar Waxing

Sugar atau honey waxing sebagai pilihan selain shaving.
Sugar atau honey waxing sebagai pilihan selain shaving. Foto: freepik.com

Lebih memilih waxing daripada bercukur? Kamu bisa berkontribusi mengurangi limbah dengan menggunakan bahan alami, yaitu sugar atau honey wax dibanding menggunakan cairan sintetis yang merupakan bahan dasar plastik.

3. Substitusi Hair Removal Cream dengan Cara Lainnya

Mencari alternatif selain menggunakan hair removal cream.
Mencari alternatif selain menggunakan hair removal cream. Foto: freepik.com

Krim hair removal mengandung bahan kimia, seperti ammonia yang menyengat dan banyak bahan kimia lain yang bisa membahayakan kulit dan juga lingkungan. Karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan alternatif hair removal lain yang aman dan sustainable, seperti laser hair removal.

4. Ganti Shaving Cream yang Tidak Berbahan Kimia

Menggunakan shaving cream dengan bahan alami.
Menggunakan substitusi shaving cream dengan bahan alami. Foto: freepik.com

Shaving cream yang kita gunakan ketika bercukur mengandung bahan kimia. Namun, masih banyak opsi lain sebagai pengganti shaving cream yang berbahan alami dan lebih eco-friendly, seperti coconut oil.

5. Hindari Eksfoliator dengan Microbeads

DIY scrub dari kopi sebagai alternatif scrub microbeads.
DIY scrub dari kopi sebagai alternatif scrub microbeads. Foto: freepik.com

Setelah bulu dihilangkan, eksfoliasi 2-3 hari setelahnya merupakan suatu kewajiban untuk menghindari ingrown hair, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menjaga kulit tetap lembut. Akan tetapi, beberapa eksfoliator masih menggunakan butiran microbeads yang berbahan dasar plastik.

Pada akhirnya, microbeads ini akan terbawa air dan sampai ke laut bersama dengan limbah plastik lainnya yang menumpuk. Kamu bisa mengganti eksfoliator microbeads dengan exfoliating tools seperti brush atau dengan DIY body scrub dari kopi dan coconut oil.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id