sign up SIGN UP

Fakta Menarik tentang Matthieu Blazy Desainer Baru Bottega Veneta! dari Orang Nomor Dua Jadi Pemimpin Label Fashion Paling Populer

Rayoga Firdaus | Selasa, 16 Nov 2021 17:45 WIB
Fakta Menarik tentang Matthieu Blazy Desainer Baru Bottega Veneta! dari Orang Nomor Dua Jadi Pemimpin Label Fashion Paling Populer
caption
Jakarta -

Tak butuh waktu lama bagi Kering Group untuk mengumumkan desainer dari label Bottega Veneta yang dinaunginya, grup fashion kenamaan tersebut resmi mendaulat Matthieu Blazy sebagai creative director. Blazy menggantikan Daniel Lee yang mundur pada minggu lalu.

Blazy bukanlah sosok baru bagi Bottega Veneta. Ia telah bekerja bagi label yang dikenal dengan pola anyaman tersebut sejak tahun 2020 sebagai Design Director lini busana pakaian. Dapat dikatakan, Blazy turut andil dalam mengembangkan Bottega Veneta bersama Daniel Lee.

Semula dikenal sebagai label bergaya klasik, di tangan Daniel Lee Bottega Veneta bertransformasi menjadi lebih modern dengan desain minimalis berhiaskan warna-warna terang. Di tahun kuartal ketiga 2021, dalam laporan keuangan Kering Group yang juga menaungi Gucci dan Saint Laurent, menyatakan Bottega Veneta berhasil meraup pendapatan hingga 363 juta Euro. Naik 9,3 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Selain berbekal sensibilitasnya dalam visi estetis Bottega Veneta sekarang ini, Blazy juga memiliki resume yang impresif. Penunjukannya ini juga disambut positif oleh sejumlah pelaku industri fashion internasional yang sudah lama mengenalnya sebelum bergabung dengan Bottega Veneta.

Lalu siapakah sebenarnya Matthieu Blazy? Berikut rangkuman fakta menarik mengenai sang desainer.

Awal Karier

Matthieu BlazyMatthieu Blazy/ Foto: Willy Vanderperre/Kering Group


Lahir di Paris 37 tahun lalu, Matthieu Blazy memilih untuk menamatkan studi di La Cambre, Brussels, Belgia. Selepas lulus ia bekerja di label fashion Raf Simons yang berfokus pada kreasi busana pria.

Mulai Melejit Ketika Menangani Maison Martin Margiela

Maison Margiela Artisanal Fall 2013Maison Margiela Artisanal Fall 2013/ Foto: Marcus Tondo / InDigital | GoRunway


Nama Blazy mulai menjadi perbincangan ketika ia menjadi desainer di label Maison Margiela. Kala itu Blazy menangani lini Artisanal dan busana perempuan. Koleksi adibusana dari lini Artisanal rancangannya yang menampilkan interpretasi baru dari gaya dekonstruktif Martin Margiela langsung mencuri perhatian. Topeng kristal yang menyertai setiap peragaannya tersebut bahkan pernah dikenakan oleh Kanye West di tahun 2013.

Menjadi Bagian Tim Desain Phoebe Philo di Céline

Phoebe PhiloPhoebe Philo/ Foto: Monica Feudi / Feudiguaineri.com/Vogue


Pada tahun 2014, Blazy menjadi bagian dari tim Phoebe Philo di Céline sebagai Senior Desainer bersama Daniel Lee. 

Bergabung dengan Raf Simons di Calvin Klein

Bottega Veneta fall/winter 2021.Bottega Veneta fall/winter 2021./ Foto: Courtesy of Bottega Veneta


Tak lama di Celine, Blazy kembali bekerja bersama Raf Simons ketika desainer Belgia pada tahun 2016 ditunjuk sebagai Chief Creative Officer Calvin Klein. Kariernya bersama Raf dan label Amerika ini juga tak bertahan lama hanya sampai 2019. Setahun kemudian ia pun bergabung dengan Bottega Veneta. Koleksi perdana Matthieu Blazy untuk Bottega Veneta dijadwalkan akan dipresentasikan pada Februari 2022 mendatang.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id