sign up SIGN UP

FASHION

Gantung atau Lipat? Begini Tips Menyimpan Pakaian agar Kain Tidak Cepat Rusak

Friska Rianti | Kamis, 18 Apr 2019 14:40 WIB
Gantung atau Lipat? Begini Tips Menyimpan Pakaian agar Kain Tidak Cepat Rusak
caption
Agar awet dan terjaga tetap kondisinya, pakaian harus dirawat dengan cara-cara yang tepat sesuai dengan karakteristik kainnya. Bukan hanya cara mencuci dan menyetrika saja yang perlu diperhatikan, cara menyimpan pakaian pun tak boleh sembarangan. Sebab, kurang tepat dalam memilih metode penyimpanan dapat menyebabkan pakaian jadi kehilangan bentuk aslinya, kusut dan rusak kainnya.

Selama ini kita sudah akrab dengan dua metode penyimpanan pakaian yakni dengan cara digantung dan dilipat. Namun menentukan mana pakaian yang akan digantung atau dilipat sebaiknya disesuaikan dengan jenis dan bahan pakaiannya agar kualitas kain tetap terjaga. 

Pakaian yang Sebaiknya Digantung dengan Hanger


        
  • Pakaian berbahan linen
Linen merupakan bahan yang wajib banget kamu simpan dengan cara digantung. Sebab melipat pakaian berbahan linen terus menerus di titik yang sama akan menyebabkan titik lipatan menjadi rapuh dan mudah sobek di kemudian hari.
        
  • Pakaian yang memiliki lipitan:
Rok, dress atau blouse yang memiliki aksen lipit sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Melipat dan menumpuk pakaian jenis ini akan membuat bentuk lipitannya cepat rusak.
        
  • Pakaian Berbahan Sutra dan Satin
Pakaian berbahan sutra atau satin adalah jenis pakaian yang mudah sekali kusut. Oleh karena itu, selalu simpan kategori ini dengan cara digantung. Pakaian berbahan sutra memiliki material yang licin, jadi gantung dengan padded hanger atau hanger berbantal agar tidak selip.
Foto: https://www.freepik.com
        
  • Blouse dan Kemeja
Untuk menjaga bentuk kerah pada blouse maupun kemeja, keduanya lebih aman disimpan dengan cara digantung. Namun saat akan menggantung, pastikan masukkan hanger dari bagian bawah agar tidak merusak kerah. 
        
  • Jaket dan Blazer

Sering digunakan sehari-hari, jaket dan blazer akan lebih praktis jika disimpan dengan cara digantung. Gunakan hanger yang tebal dan kuat seperti hanger kayu untuk menahan berat sekaligus menjaga bentuk bahu jaket maupun blazer.  



Foto: https://id.pinterset.com/

Pakaian yang Sebaiknya Dilipat


        
  • Pakaian berbahan rajut
Segala jenis pakaian berbahan rajut sebaiknya disimpan secara terlipat. Hal ini karena pakaian berbahan rajut mudah melar sehingga menggantungnya dengan hanger dapat mengakibatkan bagian bahu cepat kendur.
        
  • Pakaian berbahan elastis
Pakaian yang bersifat stretchy seperti gaun berbahan jersey, legging atau pakaian olahraga sebaiknya disimpan dengan cara dilipat agar tidak mudah melar.
Foto: https://gqindia.com/
        
  • T-Shirt 
T-shirt atau kaus memiliki bahan yang lentur. Menyimpannya dengan cara digantung akan membuat bagian kerah kaus cepat kehilangan bentuk aslinya dan melonggar.
        
  • Celana Denim

Pakaian berbahan denim cukup tebal dan ‘tangguh’ sehingga tidak akan menjadi kusut meski disimpan dengan cara dilipat.  


Foto: Istimewa

Nah, bagaimana, Ladies? Sudahkah kamu menyimpan pakaianmu dengan cara yang benar?


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id