sign up SIGN UP

FASHION

Hasil Catokanmu Tidak Tahan Lama? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Farah fitri | Jumat, 27 Sep 2019 03:45 WIB
Hasil Catokanmu Tidak Tahan Lama? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya
caption
Tampil cantik dengan rambut yang dicatok sering jadi pilihan banyak wanita. Tapi, bagaimana jika hasil catokanmu tidak tahan lama? Padahal, butuh waktu untuk mencatoknya. Cari tahu alasan dan cara mengatasinya di artikel ini yuk, Ladies?

Keadaan Rambut yang Berminyak


Foto: https://pin.it/rsuwv3blz4tbkt

Banyak salon terkemuka selalu melakukan step pertama sebelum mencatok rambut, yaitu keramas. Keramas menghindari minyak berlebih pada rambut serta membersihkan rambut dari berbagai kotoran seperti debu dan polusi agar hasil catokan tidak lepek. Rambut yang terbebas dari kotoran akan lebih mudah dibentuk, terutama saat mencatok lurus maupun curly.


Gunakan Catokan yang Sesuai


Foto: https://pin.it/4v6men7ge6gi4x

Jika kamu ingin mencatok rambut lurus, gunakan plat catokan yang lebar dan pipih. Hal ini bertujuan mempermudah dan mempercepat waktu jika kamu sedang dalam keadaan terburu-buru. Jika kamu ingin rambut curly, gunakan catokan khusus curly yang diameter bulatnya tidak terlalu besar ya, Ladies. Diamter bulat catokan akan berpengaruh juga pada ketahanan.


Teknik yang Salah


Foto: https://pin.it/53g563es44yvq2

Tidak sedikit Ladies yang ingin mempercepat pengerjaan catok rambut dengan mengambil bagian rambut yang banyak dan tebal. Hal tersebut salah. Mengambil rambut yang terlalu tebal tidak menjangkau semua helai rambut dan membuat kamu mencatok bagian yang sama. Hal ini akan membuat hasil catokan tidak maksimal dan rambut cepat kembali seperti semula.



Kondisi Rambut yang Terlalu Lembap


Foto: https://pin.it/gp6ildgbfhtofy

Boleh saja memberi vitamin rambut sebelum mencatok. Namun usahakan untuk memilih vitamin rambut yang berbentuk spray dan bertekstur ringan. Jika kamu mengaplikasikan vitamin rambut bertekstur minyak atau terlalu kental, hal tersebut akan membuat helaian rambutmu terlihat jatuh, tidak mengembang dan hasil catoknya pun tidak maksimal. 

Hindari juga mencatok rambut dalam keadaan masih setengah kering, Ladies. Kalau mencatok rambut dalam keadaan setengah kering, rambut lebih mudah rusak dan pecah-pecah. Gunakan produk perawatan rambut secukupnya, jangan sampai terlalu basah. Jika menginginkan hasil catokan yang lebih tahan lama, kamu bisa mengaplikasikan hairspray secukupnya.


Terlalu Sering Menyisir


Foto: https://pin.it/ydhku6kvjo6re4

Sisirlah rambutmu sebelum mulai mencatok agar hasil rambut tidak kusut dan jauh lebih rapi. Namun setelah dicatok, terutama curly, kamu tidak boleh menyisirnya lagi, ya. Hal ini membuat bentuk rambut berubah dan menjadikan style rambut tidak awet.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id