sign up SIGN UP

FASHION

Hati-Hati! 5 Cara Ini Ternyata Bisa Tularkan Kutu Rambut

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Senin, 08 Jun 2020 23:57 WIB
Hati-Hati! 5 Cara Ini Ternyata Bisa Tularkan Kutu Rambut
caption
Jakarta -

Bukan hanya ketombe saja yang membuat kita merasa jengkel. Kutu rambut juga sangat mengganggu. Kepala akan terasa sangat gatal apabila kutu telah hidup di rambut kita. Tentunya, kondisi ini pun sangat enggak nyaman. Tapi terkadang, kutu rambut seringkali menular melalui cara-cara yang enggak kita sadari. Nah, agar hal itu enggak terjadi, hindarilah melakukan 5 hal berikut ini!

Menggunakan Sisir yang Sama

image
Hindari Meminjam Sisir/freepik.com

Rambut adalah tempat tinggal kutu. Jadi, semua barang-barang yang berkaitan dengan rambut pun bisa saja menularkan kutu. Salah satunya adalah sisir rambut. Sebaiknya, hindarilah untuk meminjam maupun meminjamkan sisir milik orang lain ya.


Sebagai langkah antisipasi, kamu juga bisa merendam sisir di dalam air panas selama 10 menit agar semakin bersih dan terbebas dari kutu. Selain itu, gunakanlah sikat gigi yang sudah enggak terpakai untuk membersihkan sela-sela sisir yang sulit dijangkau.

Hindari Menggunakan Handuk yang Sama

image
Hindari Meminjam Handuk/freepik.com

Selain sisir, sebaiknya kamu juga enggak menggunakan handuk yang sama dengan orang lain. Tanpa disadari, terdapat berbagai macam mikroba serta bakteri pada handuk kotor dan lembap. Bakteri yang biasanya kerap menempel pada handuk adalah e.coli dan salmonella.

Bukan hanya itu saja, kutu rambut maupun telurnya juga bisa menempel pada handuk. Sehingga jika kamu memakai handuk yang sama dengan orang lain, bisa saja kutu atau bakteri tersebut menempel pada tubuhmu.

Hati-hati Jika Ingin Meminjam Topi atau Helm Orang Lain

image
Hindari Meminjam Topi/freepik.com

Meminjam helm maupun topi orang lain juga perlu kamu hindari nih, Beautynesian. Bukan hanya kutu dewasa saja yang bisa merambat pada helm maupun topi. Anak kutu dan telurnya pun bisa menempel di dalamnya lho! Ketika kondisinya memang terpaksa seperti memakai helm jasa ojek online atau sebagainya, sebaiknya gunakanlah pelindung rambut untuk menghindari risiko tertular kutu rambut.

Jangan Salah, Kamu Juga Bisa Tertular Kutu di Kolam Renang Lho

image
Berenang Dapat Menularkan Kutu/freepik.com

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa berenang di kolam renang umum juga dapat berisiko tertular kutu. Tapi faktanya, meskipun risikonya enggak terlalu besar, berenang dengan seseorang yang memiliki kutu juga bisa membuatmu tertular. Hal ini dikarenakan saat kutu berada di dalam air, mereka berada pada kondisi “mati suri” alias belum benar-benar mati. Setelah itu nantinya mereka akan berpegang erat ke helai rambut.

Bantal pun Dapat Membuatmu Tertular Kutu

image
Bantal Bisa Tularkan Kutu/freepik.com

Apakah kamu pernah menginap di rumah teman, saudara, atau tempat penginapan? Jika iya, bisa saja kamu tertular kutu rambut melalui bantal yang kamu gunakan. Sebab, kutu rambut bisa menyebar lewat bantal dan bisa bertahan hidup cukup lama di sana lho, Beautynesian. Jadi sebaiknya, kamu harus berhati-hati saat ingin tidur di tempat lain ya. Selain itu untuk antisipasi di rumah, kamu bisa melakukan vakum debu dan tungau yang ada di tempat tidur maupun sofa-sofa agar tetap bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id