sign up SIGN UP

FASHION

Ini Dia 4 Cara Sederhana Merawat Cardigan Agar Lebih Awet

Frandini Pramono | Minggu, 25 Jun 2017 14:00 WIB
Ini Dia 4 Cara Sederhana Merawat Cardigan Agar Lebih Awet
caption
Cardigan kini menjadi item favorit para cewek-cewek untuk tampil fashionable. Dengan beragam model cardigan yang tersedia di pasaran, kamu bisa memilih potongan, model, dan detail yang catchy untuk menyempurnakan outfit-mu. Tapi seringkali kamu cuek untuk merawat cardigan, sehingga pada pemakaian selanjutnya, kualitas cardigan menjadi jelek dan tidak awet. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, yuk ketahui tips merawat cardigan yang simpel berikut ini!

1. Ketahui Jenis Bahan Cardigan


Sebelum memutuskan perawatan seperti apa yang tepat untuk jenis cardiganmu, baiknya ketahui dulu apa jenis bahannya. Ada banyak jenis bahan yang menjadi material utama cardigan, misalnya ada bahan spandek, scuba, katun rayon, dan yang lainnya. Jika sulit untuk kamu membedakan bahan-bahan tersebut, pisahkanlah secara general, yaitu bahan lembut, normal, dan kasar. Nah, untuk bahan lembut, kamu perlu berikan perhatian mulai dari cara mencucinya hingga menyimpannya. Sementara untuk bahan normal, kamu bisa fokus dengan menghindarinya dari noda membandel. Kemudian, untuk bahan yang agak kasar dan panas, kamu perlu menghindarinya dari jamur bahan sehingga warnanya tidak mudah pudar.


Foto: https://www.thefrisky.com/2015-09-29/fall-fashion-6-sweater-trends-to-layer-with/



 


2. Jangan Rendam Cardigan Terlalu Lama


Saat mencucinya, pada proses perendaman sebaiknya jangan buang banyak waktu. Sebab, bahan cardigan umumnya tidak terlalu tebal sehingga mudah menyerap air. Untuk itu, jangan merendamnya terlalu lama, karena kualitas seratnya mungkin akan berkurang dan mudah pudar. Selain itu, jangan gunakan detergen terlalu banyak. Bahan cardigan yang tidak tebal akan berkurang kualitasnya jika terlalu banyak terkena bahan kimia dari detergen.



Foto: https://www.ayeey.com/2016/09/merk-pewangi-pakaian-yang-tahan-lama.html



 


3. Hati-hati Menyetrika


Bahan cardigan yang tidak tebal membuat bahannya lebih rentan saat disetrika. Jika terlalu sering menyetrikanya, khawatir bahan cardigan akan mudah melar. Begitupun soal warna cardigan yang akan mudah pudar ketika terkena uap panas dari setrika. Untuk itu, jangan menyetrika cardigan saat cardigan belum benar-benar kering, itu mengakibatkan akan muncul jamur di permukaan cardigan dan itu akan terlihat seperti noda. 


Foto: https://hello-pet.com/cara-menyetrika-baju-2039458



 


4. Lipat Cardigan


Setelah menyetrikanya, kamu bisa menyimpan cardigan dengan kondisi terlipat di dalam lemari. Jangan menggantungnya, untuk bahan cardigan spandek, akan mudah melar jika digantung. Untuk itu, lebih aman semua bahan cardigan dilipat di dalam lemari, agar bebas dari sangkutan benda lainnya serta menghindari seratnya menjadi mudah melar.


Foto: https://lipat.co.id/index.php?route=information/news&news_id=17
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id