sign up SIGN UP

FASHION

Ini Dia Cara Mudah Mencuci Jeans Baru Supaya Awet dan Tahan Lama

Frandini Pramono | Rabu, 07 Jun 2017 14:00 WIB
Ini Dia Cara Mudah Mencuci Jeans Baru Supaya Awet dan Tahan Lama
caption
Jika kamu memiliki jeans baru, jangan dulu beranggapan bahwa tidak perlu dirawat karena masih baru. Justru, hal terbaik ketika memiliki celana baru adalah dengan merawatnya dari awal. Salah satu poin penting dalam merawat pakaian adalah dengan proses pencucian. Salah-salah, justru celana jeans barumu bisa melar atau bahkan kelunturan. Nah, berikut adalah cara mencuci jeans baru yang bisa kamu terapkan.

Pisahkan dengan Pakaian Lain


Terlebih dulu kamu harus mensortir pencucian jeans baru dengan pakaian lain. Hal ini guna menghindari percampuran warna dengan warna pakaian lain. Jika mencampurnya secara acak, warna celana kamu bisa pudar ata bahkan kelunturan. Enggak mau kan, Beautynesian? Untuk itu, kamu perlu mencuci celana jeans kamu secara terpisah dan mencucinya dengan pelan sehigga tidak merusak serat jeans.


Foto: https://www.rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/kain/cara-merawat-celana-jeans-agar-tetap-awet.html


 


Perhatikan Waktu Perendaman


Sebelum menuju proses pencucican, ada baiknya celana jeans direndam guna menghilangkan kuman atau jamur yang biasa menempel pada bahan tekstil. Kamu bisa menggunakan detergen atau menggunakan garam agar lebih aman. Pastikan kamu merendamnya selama waktu yang tepat, yaitu 30 menit atau paling lama satu jam. Karena jika terlalu lama merendam, justru kualitas warna jeans akan menjadi kurang bagus.  


Foto: https://bp-guide.id/AX9862GM


 


Cuci dengan Tangan


Jika itu jeans baru, tentu pertama kali kamu perlu berhati-hati mencucinya. Kamu bisa mencucinya dengan tangan karena kondisi noda juga belum terlalu banyak. Cukup dikucek dengan tangan, atau jika ingin menggunakan sikat, pilihlah sikat yang bulu sikatnya halus agar serat jeans tidak rusak. Pengaruh sikat juga bisa memengaruhi warna jeans, lho. Jika kamu menyikatnya terlalu keras, bukan tidak mungkin warnanya juga akan pudar.


Foto: https://bp-guide.id/AX9862GM


 


Kibas Celana Setelah Dicuci


Hal ini bisa dilakukan pada saat kamu selesai mencucinya juga setelah menyetrikanya. Umumnya, setelah dicuci tekstur celana jeans akan mengencang. Untuk itulah celana jeans perlu dikibas dan di tarik bagian pinggang serta bagian bawah jeans agar normal seperti semula. Jika tidak dikibas dan ditarik, maka tekstur celana jeans-mu mungkin sedikit berubah dan menjadi tidak proposional.


Foto: https://www.esquire.com/style/mens-fashion/a28766/jeans-washing/


 


Hati-hati Saat Menjemur


Jika kamu mencuci dengan mesin cuci, lebih baik keringkan jeans di mesin pengeringnya. Namun, jika kamu mencucinya dengan tangan kamu harus menjemurnya di bawah sinar matahari. Sebaiknya, kamu membalik permukaan luar jeans, sehingga yang berada di luar adalah bagian dalamnya supaya tidak langsung terpapar sinar matahari yang menyebabkan warna jeans menurun. Selain itu, jangan menjemurnya terlalu lama. Kamu bisa membiarkannya maksimal selama 3-4 jam agar bisa kering menyeluruh tetapi juga tidak terlalu lama.


Foto: https://www.mamamia.com.au/good-news-you-dont-have-to-wash-your-jeans-for-3-months/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id