sign up SIGN UP

FASHION

Ini Dia, Deretan Desainer yang Berhasil Membawa Batik Go International!

Ade Suryani | Rabu, 02 Oct 2019 08:00 WIB
Ini Dia, Deretan Desainer yang Berhasil Membawa Batik Go International!
caption
Semenjak Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO dalam Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity sebagai warisan budaya tak benda di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009, maka setiap tanggal tersebut kita mulai memperingati Hari Batik Nasional.

Kreasi Batik pun saat ini semakin populer di dunia internasional. Hal ini juga tidak terlepas dari keberhasilan para desainer Indonesia yang telah berhasil membawa batik go international. Karya para desainer tersebut juga telah dipamerkan di berbagai fashion show di luar Indonesia, setara dengan desainer internasional. Siapa sajakah desainer Indonesia tersebut?


Oscar Lawalata


Foto: https://instagram.com/lawalata13

Siapa yang tak kenal sosok Oscar Lawalata, yang merupakan salah satu desainer kondang Indonesia yang go international. Perancang yang konsisten mengangkat kekayaan wastra nusantara lewat rancangan busana bergaya modern ini kerap bolak-balik mengurus labelnya.

Pada bulan Juni 2018 yang lalu Oscar Lawalata sukses menggelar pameran Batik for The World di markas UNESCO, di Paris bersama Edward Hutabarat dan Denny Wirawan. Butuh proses panjang selama dua tahun bagi Oscar Lawalata dalam menggagas konsep untuk bisa memamerkan batik di kantor Pusat Unesco tersebut.
 


Denny Irawan


Foto: https://glitzmedia.co

Bersama Oscar Lawalata, Denny Wirawan juga merupakan desainer yang ikut terlibat dalam pameran 'Batik for The World' di Paris. Dalam pameran tersebut ia memperkenalkan keindahan batik Kudus. Ia sering menggunakan kain indonesia sebagai rancangan busananya. Tahun 2016 Denny juga menggelar fashion show di Fashion Gallery New York Fashion Week, New York, dengan menampilkan 15 rancangan baju batik Kudus dari lini ready to wear miliknya, Balijava.
 



Edward Hutabarat


Foto: https://proditasabarini.com

Edward Hutabarat merupakan desainer yang juga dikenal sebagai maestro batik. Pada Juni 2018, ia bergabung bersama Oscar Lawalata dan Denny Wirawan memamerkan rancangan baju batik motif Megamendung di markas UNESCO, Paris. Edward Hutabarat dikagumi para fashionista karena kepiawaiannya menciptakan baju Batik dengan gaya ultra modern, sehingga cocok dikenakan kalangan muda, bahkan rancangannya bisa disandingkan dengan tas maupun sepatu keluaran brand dunia seperti Hermes, Gucci atau Chtistian Louboutin.
 


Ramli


Foto: https://republika.co.id

Mendiang desainer Ramli juga mendedikasikan kariernya untuk mendesain tekstil maupun baju batik. Hasil rancangannya sudah pernah ditampilkan di berbagai fashion show yang digelar di kota-kota dunia untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia. Sebelum meninggal pada Januari 2013 yang lalu, Ramli sempat memamerkan batik di Hamburg, Jerman dan Den Haag, Belanda.
 


Iwan Tirta


Foto: https://nasional.tempo.co

Desainer kenamaan lainnya yang berhasil mengangkat batik di kancah internasional adalah Iwan Tirta. Desainer asal Jawa Tengah ini selalu menggunakan unsur batik dalam setiap rancangannya. Karyanya bahkan banyak dikenakan oleh beberapa petinggi dunia, salah satunya Nelson Mandela. Mantan presiden Afrika Selatan ini sering terlihat memakai batik di acara formal yang merupakan hasil rancangan Iwan Tirta.
 


Chossy Latu


Foto: https://dewimagazine.com

Busana batik hasil rancangan Chossy Latu juga adalah salah satu yang terkenal di penjuru dunia. Desainer yang pernah bekerjasama dengan rumah batik Iwan Tirta ini sering menggelar pagelaran fashion di luar negeri. Di salah satu pagelarannya di New York, Amerika, Chossy menampilkan karyanya yang memukau, yakni Batik Ready to Wear dan House Couture.
 


Carmanita


Foto: https://viva.co.id

Batik rancangan desainer Carmanita termasuk salah satu yang disenangi oleh pasar dunia. Karyanya bahkan dijual di Harrods, salah satu departmen store terbesar di Eropa. Hal unik sekaligus menarik dari rancangan desainer kelahiran Bandung ini adalah media yang digunakannya, mulai dari kain lycra, mobil hingga ban. 

Nah, bagaimana menurut pendapatmu, Beautynesia? Tentu kita merasa ikut bangga atas keberhasilan mereka dalam memperkenalkan batik di kancah internasional, ya.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id