sign up SIGN UP

FASHION

Ini Kesalahan yang Menyebabkan Rambut Kamu Jadi Kutuan!

Atikah Nur Pertiwi | Rabu, 23 Dec 2020 17:30 WIB
Ini Kesalahan yang Menyebabkan Rambut Kamu Jadi Kutuan!
caption

Kutu rambut bisa muncul karena kurangnya menjaga kebersihan rambut. Ya, kutu itu suka sekali menggigit bagian kulit kepala bagian kulit kepala yang mengakibatkan kulit kepala jadi bentol dan ruam-ruam. 

Jika sistem imun kuat, biasanya tidak akan merasa gatal. Namun ketika sistem imun sedang turunkamu akan merasakan gatal-gatal di daerah kepala. 

Untuk itu kamu perlu menjaga kebersihan rambut, karena bisa jadi kutu yang ada di rambut ini disebabkan oleh kesalahan kecil yang kita lakukan lho. Apa saja?

1. Malas Keramas

Sedang keramas
Malas Keramas/freepik.com

Siapa suka malas keramas? Kalau kamu malas buat keramas siap-siap deh bakal dihinggapi kutu rambut. Karena saat rambut kita kotor, kutu senang banget buat berkembang biak di kulit kepala. Jadi, jangan malas buat keramas ya, Ladies!

Usahakan untuk keramas 3 kali seminggu jika kamu punya jenis kulit kepala yang cenderung kering. Sedangkan untuk kulit kepala yang cenderung berminyak, bisa keramas lebih dari 3 kali dalam seminggu.

2. Kamar yang Kotor

Kamar yang kotor dan berantakan
Kamar yang Kotor/freepik.com

Kondisi kamar yang kotor juga bisa mengundang kutu untuk datang lho. Walaupun kita merawat kebersihan rambut, tapi tetap saja kutu akan datang jika kamar kita kotor, khususnya kasur.

Cobalah untuk tidak malas mengganti sarung bantal, sarung guling, dan sprei secara berkala ya. Karena jika tidak kutu akan merasa betah untuk singgah di kepala kamu.

3. Hindari Kontak Head-to-Head

mengobrol bersama teman
Menghidari Kontak Head-to-Head/freepik.com

Tanpa sadar, terkadang kepala kamu tidak sengaja berdekatan dengan orang lain yang memiliki kutu rambut. Inilah yang mungkin menyebabkan kutu rambut muncul di kulit kepala kamu.

Cobalah untuk menghindari kontak head-to-head secara langsung dengan orang lain. Mungkin dengan mengikat rambut yang panjang dan biarkan rambut tetap rapih serta bersih untuk tidak membawa kutu ikut ke rambut ya!

4. Membiarkan Rambut Basah Menjadi Lembap

Rambut basah dan lembab
Rambut yang Lembab/freepik.com

Suka malas atau lupa buat mengeringkan rambut setelah keramas atau bahkan setelah kehujanan? Jangan diulangi lagi kebiasaan seperti ini ya, Ladies!

Ketika rambut dalam kondisi basah dan lembap dalam waktu yang lama, bisa membuat bakteri, kuman, dan kotoran menempel di rambut. Hal ini juga bisa menyebabkan kutu betah bersarang di rambut kamu.

5. Menggunakan Barang Orang Lain 

Meminjam sisir
Menggunakan Barang Orang Lain/freepik.com

Kedengarannya memang sepele. Tetapi meminjam atau menggunakan barang teman bisa membuat kamu tertular kutu. Hal yang paling biasa terjadi saat kamu meminjam sisir atau topi teman yang mungkin memiliki kutu di rambutnya. Menggunakan helm pada ojek online yang kamu pakai juga bisa tertular ya, karena sudah dipakai oleh banyak orang. 

Jadi usahakan untuk tidak meminjam sisir atau topi teman dan gunakan penutup kepala saat menggunakan helm ojek online ya, biar kutu yang ada di rambut tidak berpindah sarang. 

Ingat ya ladies, lebih baik mencegah daripada mengobati! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id