sign up SIGN UP

FASHION

Ini Lho, 5 Bahan Alami untuk Menghaluskan Rambut Kasar dan Kering

Anggiputriw | Jumat, 11 Oct 2019 12:30 WIB
Ini Lho, 5 Bahan Alami untuk Menghaluskan Rambut Kasar dan Kering
caption
Rambu adalah mahkota bagi wanita. Ya, pasti kamu tak ingin dong mahkota menjadi rusak dan kasar? Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk merawat rambut, misalnya ke salon. Namun ada cara alami untuk melembutkan rambut yang kaku. Simak di bawah ini ya!

1. Santan Kelapa dan Jeruk Nipis


Foto: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTYZ2-iY5c6RsK-HiK6epsrJhtdP8-n7E57YWPrb29PX_029ei7

Santan kelapa ternyata bukan hanya berguna untuk bahan masakan, lho. Hasil perasan kelapa ini ternyata juga menjadi bahan alami yang bagus untuk menghaluskan kulit. Masker rambut dari santan kelapa dan jeruk nipis merupakan paduan yang bagus untuk mendapatkan rambut lembut dan mudah diatur. Cukup campurkan kedua bahan tersebut lalu balurkan pada rambut yang sudah dibasahi. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas.
 


2. Minyak Kelapa


Bukan hanya santannya, minyak dari kelapa juga bisa diandalkan untuk perawatan rambut kaku agar lebih lembut dan halus. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan K, lemak esensial, asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba tertentu yang berguna untuk mengunci kelembaban rambut. Gunakan bahan alami ini sebagai minyak rambut secara teratur sebelum keramas. Cara melembutkan rambut dengan minyak kelapa ini jika rutin dilakukan akan menghasilkan rambut indah secara alami.
 


Foto: Istimewa

3. Madu dan Susu


Kedua bahan ini dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk perawatan kecantikan, termasuk kecantikan rambut. Madu mengandung bahan pelembab alami untuk merawat rambut kering yang menyebabkannya kaku. Sementara susu mengandung nutrisi yang menyehatkan setiap helai rambut. Campurkan kedua bahan ini sebagai masker rambut. Usapkan pada rambut setengah kering sambil dipijat dengan lembut. Diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan shampo.
 



Foto: https://beritagar.id/

4. Pisang


Buah dengan kulit berwarna kuning ini ternyata tidak hanya lezat dimakan. Pisang bisa juga menjadi masker rambut dengan manfaat melembutkan dan menghaluskan. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang bisa menutrisi rambut kering serta bercabang. Cara membuat masker rambut dari pisang tidak sulit. Lumatkan pisang dan campur dengan sedikit santan kelapa. Balurkan pada rambut dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air bersih.
 


Foto: https://adamgym.com/

5. Alpukat


Satu lagi jenis buah-buahan yang bagus untuk merawat rambut, yaitu alpukat. Buah dengan biji berwarna coklat ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga bisa membuat rambut lebih lembab dan halus. Vitamin yang dikandungnya juga akan menyehatkan rambut. Ambil alpukat yang sudah matang lalu haluskan. Campurkan dengan air secukupnya untuk mendapatkan tekstur masker yang sesuai. Pakaikan pada rambut sebagai masker.
 


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id