sign up SIGN UP

FASHION

Iritasi Menggunakan Kacamata? Ini Cara Mudah dan Efeksi Mengatasinya

Dyah Narwastu | Selasa, 27 Jun 2017 14:00 WIB
Iritasi Menggunakan Kacamata? Ini Cara Mudah dan Efeksi Mengatasinya
caption
Kehidupan modern yang sibuk sering membuat orang lupa waktu. Karena itu, jam tangan sudah menjadi aksesoris yang berfungsi sebagai pengingat waktu. Sayangnya, memakai jam tangan terkadang menimbulkan masalah untuk sebagian orang. Iritasi dan alergi sering menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Memang apa sih penyebab dan cara mengatasi iritasi karena jam tangan? Ini dia jawabannya!

Iritasi Karena Kulit Lembap


Iritasi pada pemakaian jam tangan bisa disebabkan karena beberapa hal. Penyebab paling umum terjadinya iritasi adalah karena kulit yang lembap. Keringat berlebih, penggunaan body lotion, hingga tangan yang tidak dikeringkan setelah mencuci tangan bisa menjadi penyebab kulit menjadi lembap. Kulit pergelangan tangan yang masih dalam kondisi lembap jika ditutup dengan jam tangan justru akan merangsang pertumbuhan jamur penyebab iritasi. 


Foto: https://news.nationalgeographic.com/news/energy/2013/12/131213-washing-hands-hot-water-wastes-energy-health/



 


Alergi Bahan Tali Jam


Beberapa orang memiliki alergi terhadap material pembuat jam tangan. Kalau iritasi pada pergelangan tangan disebabkan karena alergi pada bahan pembuat jam, maka ganti tali jam tangan dengan bahan yang lebih sesuai dengan kulit kamu. Misalnya, kalau kamu alergi bahan kulit, maka carilah jam tangan berbahan stainless steel atau karet. Begitu pula sebaliknya, kalau kulit kamu alergi dengan bahan logam, maka pilih jam tangan yang berbahan kulit atau karet.


Foto: https://forums.watchuseek.com/f425/fs-strapcode-miltat-diver-clasp-type-leather-band-black-3d-nylon-strap-3099890.html



 


Kurangi Durasi Pemakaian Jam Tangan


Kalau kulit kamu mengalami iritasi akibat penggunaan jam tangan, kurangi durasi pemakaian jam tangan untuk sementara waktu. Beri waktu pergelangan tangan untuk "bernafas" dan terbebas dari ikatan jam tangan. Kalau biasanya kamu memakai jam selama 12 jam sehari, coba deh untuk melepaskan jam tangan setiap tiga jam sekali. Dengan memberi sedikit waktu jeda, iritasi di pergelangan tangan kamu akan bisa sembuh lebih cepat.


Foto: https://vulcanpost.com/218281/apple-watch-singapore-not-now/



 


Merenggangkan Penggunaan Jam Tangan


Jika kamu adalah orang yang sangat sibuk dan tidak sempat melepaskan jam tangan untuk sementara waktu, maka cobalah untuk merenggangkan tali saat memakai jam tangan. Jam tangan yang dipakai terlalu ketat akan membuat sirkulasi udara di bawah permukaan jam menjadi buruk. Akibatnya, kulit kita akan menjadi lebih mudah lembap dan ditumbuhi jamur. Karena itu, renggangkan pemakaian jam tangan agar kulit di pergelangan tangan kita bisa tetap kering dan tterjaga kesehatannya.


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=xJvoyOvRDAw



 


Angin-anginkan Jam Setelah Selesai Digunakan


Cara mengatasi iritasi karena jam tangan selanjutnya adalah dengan mengangin-anginkan jam setelah selesai digunakan. Jangan menyimpan jam tangan di dalam kotak setelah selesai digunakan. Sebaliknya, taruh jam tangan di ruangan terbuka setelah selesai dipakai agar jam tangan yang lembap bisa segera kering dan terhindar dari jamur.


Foto: https://photography-on-the.net/forum/showthread.php?p=16429800
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id