sign up SIGN UP

Jangan Asal Tindik, Kenali Serba Serbi Helix Piercing Sebelum Kamu Melakukannya Biar Nggak Dibilang Noob

Febriyani Rahmania | Selasa, 23 Nov 2021 21:30 WIB
Jangan Asal Tindik, Kenali Serba Serbi Helix Piercing Sebelum Kamu Melakukannya Biar Nggak Dibilang Noob
caption
Jakarta -

Piercing atau tindikan bukan hal baru di dunia fashion. Bahkan, sebelum menjadi bagian dari tren, beberapa suku pedalaman di dunia telah melakukan piercing sebagai bentuk identitas derajat sosial. Namun, seiring berkembangan dunia, piercing kini mengalami evolusi.

Salah satunya adalah tren helix piercing. Dikutip dari Cosmopolitan UK, helix piercing merupakan penindikan pada telinga bagian atas atau bagian tulang rawan. Namun, tren ini memiliki turunan lain, yaitu forward helix piercing dan double helix piercing. Apa perbedaannya dengan helix piercing biasa? Yuk ketahui sebelum kamu melakukannya.

Forward Helix Piercing

Dikutip dari Bustle, Libby Rounds, seorang penindik di New York Adorned mengatakan, jenis piercing ini merupakan penindikan di tepi luar tulang rawan di bagian depan atas telinga yang dekat dengan wajah.

[Gambas:Instagram]

"Jenis tindik ini sebenarnya sangat mirip dengan kebanyakan tindikan di tulang rawan lainnya, dimulai dengan anting stud, sampai kamu bisa memakai anting setelah benar-benar sembuh," kata Rounds. Sebelum menindik, pastikan perhiasan yang dipasang ke telingamu berkualitas tinggi sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit.

Double Helix Piercing

[Gambas:Instagram]

Jika helix piercing biasa hanya berupa penindikan di tulang rawan luar bagian atas hanya sekali, tindakan piercing ini dilakukan dua, tiga, atau empat tindikan di tempat yang sama dengan jarak yang berdekatan. Double helix piercing lebih mengacu pada jumlah tindikan yang kamu miliki di telinga yang sama.

Persiapan Sebelum Helix Piercing

Selain membuat janji dengan penindik, hal yang perlu kamu persiapkan adalah istirahat. Shannon Freed, seorang penindik di Studs, mengatakan bahwa pikiran dan tubuh yang relaks adalah kunci untuk mendapat pengalaman yang baik.

Mengingat pentingnya istirahat / foto : pexels.com/KetutSubiyantoIlustrasi istirahat. (Foto: pexels.com/KetutSubiyanto)/ Foto: aqillah diaz

"Beristirahatlah dan ambil napas dalam-dalam untuk bersantai sebelum melakukannya, semakin tenang dan tidak stres, semakin halus proses penindikan," kata Freed dikutip dari Bustle. 

Penting pula untuk kamu melakukan saran penindik sebelum dan sesudah piercing daripada mengikuti banyak saran yang beredar di internet atau saran dari orang lain yang mungkin memiliki pengalaman berbeda.

Proses Penyembuhan Helix Piercing

Setiap orang akan memiliki lama waktu proses penyembuhan yang berbeda-beda. Dikutip dari Cosmopolitan UK, 3-6 bulan adalah rentang waktu standar yang dirasakan oleh kebanyakan orang. Namun, untuk faktor nyeri sendiri nggak bisa ditentukan secara pasti.

Tindikan Dilarang/ Foto: PinterestIlustrasi tindikan. (Foto: Pinterest)

Awalnya, tindikan pasti akan terasa sakit, memerah, bengkak, atau berdarah. Pastikan agar kamu menjaga kebersihan area tindikan untuk menghindari infeksi. Jangan memelintir atau mengganti perhiasan sampai tindikan sembuh.

Dari penjelasan di atas, apakah kamu tertarik dengan helix piercing?

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id