sign up SIGN UP

FASHION

Jangan Ketipu! Yuk Berburu Baju Lebaran Online dengan Tips Berikut Ini!

Sylvia Yuliasar | Minggu, 17 May 2020 00:00 WIB
Jangan Ketipu! Yuk Berburu Baju Lebaran Online dengan Tips Berikut Ini!
caption
Belanja online jadi pilihan utama di masa pandemi ini. Tapi kalian wajib waspada ya!

Belanja online memang jadi pilihan yang banyak disukai di masa kini. Bahkan di masa pandemi yang mengharuskan kita berdiam di rumah saja, belanja online jadi hal yang lebih banyak dilakukan dibandingkan mendatangi toko secara langsung.

Namun dibalik kemudahan itu, masih ada saja yang memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan. Mulai dari menjual barang palsu, hingga menukar barang yang tak sama untuk dikirim ke pembeli. Belum lagi jika transaksinya berurusan dengan kartu kredit, kemungkinan untuk dihack dan dikloning bisa menimpa mu. Sebelum belanja online, sebaiknya simak beberapa tipsnya berikut ini yuk!


1. Pilih Online Shop Terpercaya




 


Foto: https://www.freepik.com/

Salah satu ciri online shop yang terpercaya adalah testimonial dan review-nya yang banyak. Tak hanya sekedar banyak, ulasannya juga harus baik. Kamu bisa menggunakan alat pencari seperti Google dengan mengetikan nama online shop-nya, di sana biasanya ditemukan ulasan produk dari berbagai forum.



2. Membaca Term and Condition dengan Cermat




Foto: https://www.bobology.com

Saat kamu masuk ke dalam satu situs online shop, kamu pastinya diminta untuk membaca Term and Conditions atau Syarat dan Ketentuan. Memang sih biasanya t&c ini memiliki deretan tulisan yang panjang dan banyak, tapi kamu bisa melakukan skimming atau baca cepat untuk melihat beberapa poin pentingnya.


3. Hati-hati Pada Barang yang Terlalu Murah




Foto: https://bonkabirdtoys.com/

Siapa sih yang tidak tergiur dengan barang murah? Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dari barang yang diobral murah adalah bisa jadi itu merupakan stok lama, barang reject ataupun yang memiliki expired cukup dekat. Jika setelah mengetahuinya keadaannya kamu tetap mau mengambil risikonya, maka tanggung jawab ada pada pilihanmu sendiri.


4. Simak Deskripsi Produk dengan Baik




Foto: https://pixabay.com

Selain gambar dan harga, biasanya barang yang dijual online juga dilengkapi dengan deskripsi produk. Di sana biasanya tertera keterangan bahan dan ukuran bahkan untuk skincare juga biasanya dilengkapi dengan kandungan dan cara pakai.

Jika memang deskprisi yang diberikan kurang jelas, kamu bisa menghubungi penjual yang bersangkutan. Jangan sampai saat kamu menerimanya kamu baru protes ya untuk semua keterangan yang dituliskan di deskripsi.


5. Menyimpan Bukti Transaksi




Foto: https://webuildsites.com.au

Online shop yang baik dan profesional, biasanya memberikan bukti transaksi melalui email ataupun berupa struk yang dikirimkan bersamaan dengan barang. Jangan sampai kamu membuang atau menghapusnya ya, karena bukti transaksi inilah yang akan dipakai untuk mengklaim kesalahan ataupun kecacatan yang terjadi setelah pembelian.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id