sign up SIGN UP

FASHION

Jenis Bahan Hijab yang Cocok untuk Berbagai Situasi

Pavita Sevilla | Jumat, 30 Apr 2021 12:30 WIB
Jenis Bahan Hijab yang Cocok untuk Berbagai Situasi
caption
Jakarta -

Ladies, khususnya para hijaber pasti setuju bahwa kenyamanan saat memakai hijab itu merupakan hal yang paling utama. Faktor utama kenyamanan saat memakai hijab pastinya ditentukan dari jenis bahan hijab apa yang digunakan. Berbeda situasi tentunya berbeda juga jenis kain yang akan nyaman digunakan.

Beberapa kain bahan hijab ini paling sering ditemukan di pasaran. Agar tak salah pilih lagi, yuk mulai temukan bahan hijab yang sesuai untuk setiap kegiatanmu!

1. Voal/Voile

Hijab bahan voal/umamascarf.com
Hijab bahan voal/umamascarf.com

Bahan hijab satu ini merupakan bahan terfavorit para hijaber nih, ladies. Umumnya, hijab yang berbahan voal  merupakan hijab berbentuk segi empat. Rata-rata bahan voal terbuat dari 100% katun, namun kini material yang digunakan mulai beragam. Beberapa alasan voal sangat digemari antara lain karena bahannya yang mudah dibentuk, tidak panas, tidak mudah kusut dan rusak, serta tidak menerawang walaupun bahannya tipis.

Kerudung berbahan voal ini cocok digunakan sehari-hari, untuk kamu yang memiliki kegiatan aktif baik di outdoor maupun indoor, bahkan untuk berolahraga. Bentukannya yang simple tidak akan menghambat mobilitasmu. Selain itu, kamu juga tidak akan merasa kepanasan karena bahannya yang adem.

2. Ceruti Baby Doll

Hijab ceruti baby doll/youthscarf.comHijab ceruti baby doll/youthscarf.com

Bahan ceruti baby doll biasa dibuat dalam bentuk pashmina. Hijab dengan bahan ini dapat kamu kenakan untuk kegiatan sehari-hari, menghadiri acara formal atau informal, atau saat melakukan kegiatan dengan intensitas ringan.

Bahannya yang jatuh akan membuat kamu terlihat lebih modis. Ceruti baby doll juga tidak mudah kusut dan mudah dibentuk, namun sayangnya tidak menyerap keringat dan menerawang. Sehingga, jika memakai ini, pastikan tidak akan melakukan kegiatan berat dan menggunakan inner hijab.

3. Diamond Italiano

Hijab diamond italiano/pusathijabterbaru.com
Hijab diamond italiano/pusathijabterbaru.com

Sama halnya dengan ceruti baby doll, bahan ini juga biasa dibuat dalam bentuk pashmina. Meskipun bahannya hampir mirip dengan bahan sebelumnya, perbedaan dari ceruti baby doll yaitu bahan diamond ini bersifat melar, sehingga lebih elastis dari bahan ceruti dan juga tidak menerawang seperti ceruti baby doll.

Memiliki karakteristik yang hampir sama dengan baby doll, hijab dengan bahan ini dapat kamu pakai di kegiatan sehari-hari dan acara-acara penting lainnya. Bagi kamu yang tidak suka memakai inner hijab namun suka dengan model pashmina, bahan ini akan sangat cocok untuk dipakai.

4. Polycotton

Hijab bella square polycotton/id.priceprice.com
Hijab bella square polycotton/id.priceprice.com

Bahan polycotton atau double hycon biasa dikenal juga dengan sebutan hijab bella square. Sesuai namanya, hijab bella square merupakan hijab segi empat. Bahan polycotton merupakan bahan campuran dari polyester dan cotton.

Selain dipakai sehari-hari, hijab bella square atau polycotton ini juga biasa dipakai untuk wisuda, menghadiri resepsi pernikahan, dan acara lainnya. Hampir mirip dengan bahan voal, hijab ini lebih cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara karena bahannya yang simple tetapi terlihat lebih mewah daripada bahan voal. Namun, bahan bella square cukup menerawang, jadi pastikan telah menggunakan inner hijab sebelumnya.

5. Satin

Hijab bahan satin/slipins.shop
Hijab bahan satin/slipins.shop

Hijab berbahan satin memiliki ciri khas khusus yaitu terlihat mengkilap. Meskipun bahannya licin, tetapi hijab satin juga cukup digemari karena bahannya yang sejuk dan dapat membuat tampilan terlihat mahal.

Hijab dengan bahan satin cocok untuk dipakai di acara-acara formal karena terkesan mewah dan elegan. Selain itu, hijab satin juga mudah diatur dan tidak gampang kusut.

6. Silk

Hijab bahan silk/twitter.com/lozyhijab
Hijab bahan silk/twitter.com/lozyhijab

Masih merupakan bahan turunan satin, hijab silk bisa juga disebut sebagai matte satin. Hijab bahan silk menawarkan kelebihan yang lebih daripada satin biasa. Tampilan luarnya mengkilap dan licin, tetapi bahan di dalamnya memiliki tekstur matte, sehingga tidak akan selicin hijab satin biasa saat dipakai. Di samping itu, hijab silk juga lebih ringan. Sangat cocok digunakan di formal, semi formal, atau saat acara kumpul keluarga besar.

7. Wolfis

Hijab bahan wolfis/hijabfest.co
Hijab bahan wolfis/hijabfest.co

Wolfis merupakan bahan andalan yang dipakai untuk hijab syar’i karena bahannya yang tebal, jatuh, tidak mengkilap, tidak mudah kusut dan tentunya sangat sejuk. Harga yang ditawarkan pun biasanya relatif mahal karena banyaknya kelebihan dari hijab ini.

Hijab bahan wolfis sangat cocok digunakan untuk segala kegiatan dan situasi. Bahkan, meskipun bahannya adem, kamu tetap bisa menggunakannya saat cuaca sedang dingin juga, lho. Sebab saat suhu dingin, bahan wolfis ini malah akan terasa hangat sangat dipakai, namun saat suhu sedang panas juga tidak akan menyerap panasnya sehingga akan tetap terasa sejuk.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id