sign up SIGN UP

FASHION

Kapan Waktu Paling Tepat Potong Rambut? Berikut Jawaban dan Manfaatnya

Anisalestari | Senin, 20 Apr 2020 14:00 WIB
Kapan Waktu Paling Tepat Potong Rambut? Berikut Jawaban dan Manfaatnya
caption
Tak hanya membuat tampilan menjadi lebih stylish, memotong rambut juga memiliki banyak manfaat. Simak informasinya berikut, yuk!

Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita, maka perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Selain dengan melakukan perawatan seperti menggunakan sampo, kondisioner, serum dan sebagainya, potong rambut juga menjadi salah satu cara penting merawat rambut.

Sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk memotong rambut? Yuk, simak jawaban dan manfaatnya berikut!


Waktu yang tepat memotong rambut


Foto: https://www.freepik.com/

Waktu yang tepat untuk potong rambut adalah enam bulan sekali, Ladies. Dalam jangka waktu enam bulan, rambut mengalami banyak masalah, terutama bagi pemilik rambut panjang.

Memotong rambut setiap enam bulan sekali akan membuat rambut jauh lebih sehat dan terawat. Kondisi rambut patah-patah atau bercabang dapat diatasi dengan memotong rambut secara rutin.


Manfaat memotong rambut


1. Mengatasi kerontokan


Foto: https://www.freepik.com/

Manfaat potong rambut yang satu ini mungkin masih jarang disadari, yaitu dapat mencegah kerontokan. Memotong rambut dapat membuat batang rambut menjadi lebih kuat, sehingga rambut pun tidak akan mudah rontok.

Bagi kamu yang mengalami kerontokan, sebaiknya memotong rambut 2 bulan sekali. Tak hanya memotong rambut saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti makanan kaya akan vitamin D dan vitamin E.



2. Mengatasi rambut tipis


Foto: https://www.freepik.com/

Biasanya rambut yang semakin tipis diakibatkan oleh rambut yang sering rontok. Nah, salah satu manfaat potong rambut adalah membuat rambut tidak terlihat tipis. Namun, tidak cukup hanya memotong rambut saja, kamu juga perlu mengoptimalkan asupan nutrisi supaya rambut dapat tumbuh dengan maksimal.


3. Atasi rambut bercabang


Foto: https://www.freepik.com/

Manfaat potong rambut selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah rambut bercabang, Ladies. Rambut bercabang disebabkan oleh melemahnya lapisan rambut bagian dalam (korteks) sehingga menyebabkan ujung rambut menjadi patah dan seolah bercabang. Kartikula yang seharusnya melindungi korteks dalam hal ini rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga korteks menjadi kasar, rentan patah dan bercabang.

Sampo dan kondisioner umumnya tak mampu mengatasi rambut bercabang. Solusi yang tepat adalah dengan memotong rambut. Kamu bisa coba potong rambut secara rutin 8-10 minggu sekali.


4. Merawat lapisan rambut


Foto: https://www.freepik.com/

Rambut terdiri dari tiga lapisan. Lapisan pertama adalah lapisan paling luar yang disebut kartikula dan mengandung asam amino. Lapisan tengah disebut kerak dan mengandung protein serta lemak dan lapisan terakhir disebut medulla.

Tetapi tidak semua rambut memiliki medulla, terutama bagi pemilik rambut tipis atau pirang. Manfaat potong rambut dapat melancarkan asupan nutrisi asam amino, protein dan lemak.  Apabila asupan nutrisi  lancar, maka rambut akan semakin kuat.


5. Mencegah kebotakan


Foto: https://www.freepik.com/

Manfaat potong rambut yang terakhir adalah mampu mencegah kerontokan, terutama kebotakan dini. Memotong rambut diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut pada folikelnya, sehingga pertumbuhan rambut tetap terjaga, Ladies.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id