sign up SIGN UP

FASHION

Khawatir Kebaya Cepat Rusak? Yuk, Rawat dengan Cara Rumahan Ini

Frandini Pramono | Rabu, 21 Jun 2017 08:00 WIB
Khawatir Kebaya Cepat Rusak? Yuk, Rawat dengan Cara Rumahan Ini
caption
Jika kamu memiliki kebaya tentu ingin kebayamu tetap awet, sebaiknya kamu benar-benar memperhatikan cara merawat kebaya. Sebab, kebaya bukanlah busana biasa. Busana ini memiliki detail dan material yang rumit. Untuk itu, jika perawatannya salah, detail-nya bisa jadi mudah rusak. Perawatan kebaya pun tak selalu harus dicuci di laundry. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, kok! Mau tahu apa saja tips perawatan kebaya? Ini dia caranya!



1. Jangan Mencuci dengan Mesin Cuci
Jangan pernah berpikir untuk mencucinya dalam mesin cuci. Meskipun itu adalah kebaya bordir ataupun kebaya simpel, harus tetap dicuci manual dan dengan teliti. Kamu cukup merendam kebayakmu dalam detergen. Sambil mengecek apakah ada noda membandel. Jika kamu ingin menghilangkan noda, lebih baik gunakan bahan alami sepert jeruk nipis da garam. Caranya cukup digosokkan ke permukaan kebaya yang bernoda hingga nodanya memudar. Nah, mencuci kebaya dengan tangan juga untuk melindungi detail payet ataupun bordir pada kebaya agar tidak mudah rusak. 


Foto: https://perawatanbayi.com/tips-mencuci-baju-bayi-baru-dibeli



2. Jangan Disikat
Kalau sudah memilih dicuci dengan tangan, kamu juga tidak memerlukan sikat lagi, ya, Beautynesian. Sebab, bulu sikat akan merusak serat dan detail pada kebaya. Jika ingin menyikat sela-sela kebaya, lebih baik gunakan sikat gigi ataupun dengan brush khusus. Menyikat kebaya juga dapat membuat warna seratmua memudar. Selain itu, hindari menggunakan produk pemutih jika ingin menghilangkan noda. Itu akan merusak serat kain kebayamu.


Foto: https://www.republiku.com/serba-serbi/3379/cara-mencuci-baju-yang-benar-agar-warna-tidak-pudar



3. Lipat Kebayamu
Ada yang lebih menyukai kebayanya dalam posisi tergantung. Tetapi untuk beberapa jenis kebaya, seperti kebaya payet dan juga kebaya bordir, sebaiknya kamu melipatnya saja. Sebab, apabila kebaya payet digantung, akan mudah bergesekan dengan busana lainnya sehingga detail payetnya mungin akan mudah copot. Sementara bordir juga memiliki detail benang yang menumpuk, untuk itu hindari permukaan bordirnya terkena busana lain supaya tidak menyangkut.


Foto: https://blogsantishop.tumblr.com/



4. Jangan Semprot Minyak Wangi
Tujuan dari tips ini adalah untuk menghindari warna kebaya tidak mudah pudar. Karena minyak wangi adalah salah satu penyebabnya. Kandungan yang ada pada minyak wangi tidak terlalu bagus untuk serat pakaian. Untuk itu, demi mendapatkan kebaya yang wangi kamu bisa menggantinya dengan menggunakan pewangi pakaian pada saat mencuci. Ataupun menyemprotkan minyak wangi di permukaan kulit saja.


Foto: https://aish355.blogdetik.com/2010/04/21/all-about-parfum/



5. Daripada Menyetrika, Lebih Baik Gunakan Steamer
Menyetrika kebaya tentu akan sulit. Sebab, kamu harus ekstra hati-hati dengan detail pada kebaya. Umumnya, merawat kebaya adalah `bukan dengan menyetrika, tetapi menggunakan alat steamer busana. Uap panas yang keluar pada steamer mampu menghilangkan kerutan atau lecek pada kebaya. Serta uapnya bisa membantu menghilangkan kuman yang menempel pada kebaya.


Foto: https://blog.tokounix.co.id/tips-merawat-baju-dan-pakaian-agar-tetap-awet/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id