sign up SIGN UP

FASHION

Kontroversi Perilisan Sepatu Setan Lil Nas X, Mengandung Tetesan Darah Manusia

ira syafira | Kamis, 01 Apr 2021 10:15 WIB
Kontroversi Perilisan Sepatu Setan Lil Nas X, Mengandung Tetesan Darah Manusia
caption
Jakarta -

Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan perilisan sepatu kontroversial yang habis terjual dalam waktu satu menit. Sepatu yang bertajuk ‘Satan Shoes’ ini merupakan hasil kolaborasi rapper Lil Nas X dan MSCHF, dengan menggunakan Nike Air Max 97’s. Perilisannya bertepatan dengan video musik terbaru dari Lil Nas X berjudul Montero (Call Me By Your Name).

foto: Ayat Luke 10:18/twitter.com/@saint
foto: Ayat Luke 10:18/twitter.com/@saint

MSCHF dan Lil Nas X memberikan modifikasi Nike Air Max 97’s dengan sentuhan liontin pentagram dan tulisan ‘Luke 10:18’ pada bagian ujung luar sepatu. Tulisan tersebut diambil dari ayat Alkitab Lukas 10:18 yang berbunyi ‘Lalu Kata Yesus kepada mereka: Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit’. Ayat Lukas 10:18 juga menjadi acuan harga untuk sepatu ini, yaitu seharga US$1.018 atau setara 14,7 juta rupiah.

foto: Pentagram illuminati/twitter.com/@saint
foto: Pentagram illuminati/twitter.com/@saint

Selain kutipan ayat, ada juga sebuah pentagram yang disematkan di atas tali sepatu. Pentagram sendiri dikenal identik dengan dunia sihir atau pemujaan setan. Bentuk pentagram yang menyerupai bintang berujung lancip digambarkan dengan lima garis lurus, sering dikaitkan juga dengan gerakan illuminati. Sisi kontroversial dari sepatu ini nyatanya tidak hanya terletak pada dua hal itu saja, yang paling menarik pada sepatu ini adalah darah manusia yang ada pada bagian sol.

foto: Sol Darah Manusia/twitter.com/@saint
foto: Sol Darah Manusia/twitter.com/@saint

Yups, dikenal sebagai perusahaan yang banyak menciptakan produk kontroversial dan viral, tak ayal MSCHF pasti memberikan sesuatu yang berbeda pada karyanya. Seperti keunikan sepatu ini yang terletak pada kandungan setetes darah manusia dalam sol sepatu-nya. Darah manusia tersebut diambil dari anggota tim MSCHF, untuk kemudian dicampur dengan 2.03 ons tinta merah.

Sepatu ini diproduksi dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 666 pasang. Sejak perilisannya pada 29 Maret lalu, MSCHF mengatakan bahwa 665 pasang ‘Satan Shoes’ habis terjual dalam waktu kurang dari satu menit. Untuk satu pasang seri 1/666 sisanya, dimiliki oleh sang rapper, Lil Nas X.

foto: Lil Nas X dengan seri 666/instagram.com/@complexsneakers
foto: Lil Nas X dengan seri 666/instagram.com/@complexsneakers

Peluncuran ‘Satan Shoes’ inipun banyak menuai kritik dari tokoh agama maupun tokoh politik terkenal. Tidak semua pihak senang dengan kabar perilisan sepasang sepatu ini. Walaupun, di sisi lain para penggemar banyak memberi dukungan melalui media sosial twitter untuk perilisan sepatu tersebut.

Pihak Nike-pun merasa dirugikan dengan peluncuran ‘Satan Shoes’ ini, karena merasa reputasinya telah dirusak. Perusahaannya telah membuat pernyataan bahwa merkea tidak terlibat sama sekali dengan pembuatan modifikasi sepatu tersebut. Media lain juga menyebutkan, MSCHF telah melanggar merek dagang mereka dengan menjual Nike custom edisi terbatas dengan modifikasi yang mencampurkan tetesan darah manusia.

Nike telah meminta kepada pihak MSCHF untuk menghancurkan sepatu tersebut dan membayar ganti rugi finansial. Nike telah mengklaim bahwa MSCHF telah menipu konsumen untuk mempercayai penjualan ‘Satan Shoes’ sebagai produk asli dari Nike. Dengan hal ini, Nike menyayangkan jika kedepannya konsumen tidak lagi mempercayai merek sepatu ternama ini.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id