sign up SIGN UP

Mau Pakai Softlens? Ini Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Iritasi

Durrotul Ainia | Kamis, 24 Dec 2020 17:30 WIB
Mau Pakai Softlens? Ini Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tidak Iritasi
caption

Menggunakan softlens atau lensa kontak untuk membantu penglihatan atau mempercantik penampilan memang menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan, terutama bagi perempuan. Beraneka ragam warna, motif, diameter, merek dan sebagainya membuat beberapa orang memiliki banyak koleksi softlens.

Dibandingkan dengan mengenakan kacamata, softlens lebih ringkas dalam hal tampilannya. Namun, dalam penggunaan softlens tentu ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian penggunanya agar tidak sampai terjadi iritasi. Berikut hal yang wajib diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada mata karena penggunaan softlens.

1. Kualitas Softlens

Softlens dalam wadah
Foto: Softlens/Freepik.com

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah kualitas softlens, sebelum membeli softlens sebaiknya cari informasi terlebih dahulu tentang berbagai macam merek softlens.

Jangan mudah tergiur dengan softlens yang dijual dengan harga super murah yang tidak masuk akal. Lebih baik pilih optik atau marketplace yang memang sudah terpercaya menjual softlens berkualitas dan original agar tidak membahayakan mata.

2. Diameter yang Sesuai

Softlens
Foto: Softlens/Freepik.com

Selain kualitas softlens, hal lain yang tak kalah penting adalah diameter. Diameter softlens ukurannya bermacam-macam, sesuaikan dengan kenyamanan mata kamu. Konsultasikan pada pihak optik mengenai ukuran diameter softlens yang nyaman untuk digunakan, jangan memilih softlens dengan diameter yang terlalu kecil atau terlalu besar karena mata akan mudah lelah dan pastinya kurang nyaman.

3. Rajin Cuci Softlens

Mencuci softlens
Foto: Softlens/Freepik.com

Setelah mendapatkan softlens yang berkualitas baik dan diameter yang cocok, selanjutnya adalah merawat softlens agar tetap bersih sehingga nyaman digunakan serta meminimalisir kuman masuk ke dalam mata.

Cuci softlens sebelum dan sesudah dipakai menggunakan cairan khusus pembersih softlens, pastikan sudah mencuci tangan sebelum memegang softlens.

4. Pakai Tetes Mata Khusus Softlens 

Ilustrasi memakai cairan tetes mata
Foto: Tetes mata/Freepik.com

Karena softlens mengandung water content atau kadar air yang mana akan berpengaruh terhadap kelembapan mata, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama mata akan terasa kering. Maka diperlukan tetes mata khusus softlens agar kelembapan tetap terjaga dan meminimalisir iritasi.

Jangan menggunakan cairan pembersih softlens sebagai tetes mata karena bahan kandungannya tidak diperuntukkan sebagai tetes mata.

5. Jangan Dibawa Tidur

Ilustrasi tidur
Foto: Tidur/Freepik.com

Tidur dengan keadaan memakai softlens akan berbahaya bagi kesehatan mata, karena saat tidur dengan memakai softlens kuman-kuman akan lebih mudah untuk berpindah ke kornea mata yang dapat menyebabkan radang mata yang serius. Oleh sebab itu jangan sampai lupa untuk melepas softlens sebelum tidur ya!

Jangan lupa perhatikan 5 hal di atas ya, Ladies saat hendak memakai softlens, agar tidak sampai terjadi iritasi dan masalah mata lainnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id