sign up SIGN UP

FASHION

Mengoleksi Sweater? Yuk, Rawat dengan Cara Ini

Astari Dewi Larasati | Kamis, 12 Nov 2020 20:00 WIB
Mengoleksi Sweater? Yuk, Rawat dengan Cara Ini
caption

Musim hujan tiba, saatnya kamu mengeluarkan koleksi sweater yang kamu punya. Sweater sangat nyaman digunakan, apalagi saat cuaca dingin.

Karena tidak selalu digunakan, kamu mungkin perlu menyimpan sweater dalam jangka waktu yang lama. Itu membuat sweater perlu dirawat biar tetap berkualitas, Ladies.

Cara merawat sweater agar tahan lama dan tetap berkualitas tidak sulit, kok. Berikut informasinya!

Jangan menggantung sweater

Gantungan SweaterMenggantung Sweater/ Foto: Pinterest

Jangan pernah menggantung sweter karena akan membuat sweater meregang dan kehilangan bentuknya, Ladies. Melipat sweater adalah pilihan terbaik. Jika kamu harus menggantungnya, belilah gantungan baju tebal dan empuk untuk menjaga bentuk bahu sweater-mu.

Menghilangkan pilling pada sweater

Pil sweater disebabkan oleh gesekan selama dipakai khususnya di sekitar siku, ketiak, dan lengan.
Sweater Pilling atau Berbulu/ Foto: Freepik.com

Pil sweater disebabkan oleh gesekan selama dipakai, khususnya di sekitar siku, ketiak, dan lengan. Untuk menghilangkannya, letakkan sweater pada permukaan yang rata dan kemudian gunakan gunting kecil atau silet untuk menghilangkan bulu dan pil dengan hati-hati. Jika kamu khawatir akan merusak sweater, kamu dapat menggunakan alat yang dapat mengeluarkan pil dengan lebih lembut, seperti sisir bergigi rapat, batu apung, atau alat khusus.

Balikkan sweater dari bagian dalam ke luar

Untuk memperbaikinya, bisa dengan membalikan sweater bagian dalam keluar.
Membalikkan Sweater/ Foto: Freepik.com

Jahitan lepas dari sweater adalah hal terburuk karena hampir tidak dapat diperbaiki dan berisiko tersangkut sesuatu. Untuk mencegahnya, kamu bisa membalikkan sweater dari bagian dalam ke luar. 

Cuci sweater dengan benar

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label dan jangan sering mencuci kecuali ada noda.
Mencuci Sweater/ Foto: Freepik.com

Pertama-tama, periksa label perawatan sweater-mu, Ladies. Label perawatan akan memberi informasi apakah aman untuk memasukkan sweter ke dalam mesin cuci, atau mungkin memerlukan perawatan khusus, seperti harus dicuci tangan atau dry cleaning.

Umumnya, untuk mempertahankan kualitas sweater kamu perlu mencucinya dengan tangan. Gunakan air dingin dengan deterjen lembut, rendam sweater, biarkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin untuk mengeringkan dan peras perlahan.

Sweater yang terbuat dari bahan cotton, silk atau kasmir biasanya perlu dicuci setelah dua hingga tiga kali pemakaian. Sedangkan yang terbuat dari bahan wol atau polyester dapat digunakan lebih dari lima kali. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label dan jangan sering mencuci kecuali ada noda.

Simpan di lemari

Lemari PenyimpananLemari Penyimpanan/ Foto: Pinterest

Karena sweater sebaiknya tidak digantung, kamu perlu menyimpannya di lemari. Ini adalah pilihan terbaik khususnya jika kamu ingin menemukan sweter dengan mudah setiap kali ingin memakainya. Simpanlah sweater di tumpukan rak lemari yang dipisahkan oleh pembatas rak agar rapi.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id