sign up SIGN UP

Meski Jadi Fashion Icon, Ternyata 5 Gaya Berpakaian Putri Diana Ini Dianggap Kontroversial

Rayoga Firdaus | Rabu, 25 Aug 2021 17:45 WIB
Meski Jadi Fashion Icon, Ternyata 5 Gaya Berpakaian Putri Diana Ini Dianggap Kontroversial
caption
Jakarta -

Dikenal sebagai seorang fashion icon, terkadang gaya berpakaian dari Putri Diana juga sering menjadi kontroversi. Label kontroversial ini tentu datang dari pandangan media tepatnya saat era 1980 an dan 1990 an, yang menganggap gaya berbusana Putri Diana terlalu santai atau terbuka bagi seorang anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Bahkan ketika ia sudah resmi bercerai pun, banyak pihak yang masih mengkritik gaya berbusananya. Padahal apa yang dikenakan oleh Ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry tersebut sebenarnya tak ubahnya seperti apa yang sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Lantas seperti apa gaya berbusana dari Putri Diana yang dianggap kontroversial? Berikut rangkumannya.

Gaun Met Gala 1996

Putri Diana di Met Gala 1996Putri Diana di Met Gala 1996/ Foto: RICHARD CORKERY/NY DAILY NEWS VIA GETTY


Saat menghadiri Met Gala 1996, Putri Diana mengenakan gaun navy aksen lace rancangan John Galliano untuk rumah mode Dior. Meski terlihat stylish, malah banyak yang mengkritiknya karena gaun tersebut terlihat seperti lingerie.

Celana Pendek

Putri DianaPutri Diana/ Foto: Marie Claire Australia


Memakai celana pendek dan sweater mungkin adalah hal yang lumrah bagi masyarakat luas. Namun bagi Putri Diana malah membuatnya menjadi sasaran kritikan di media massa karena dinilai bergaya terlalu santai untuk seorang yang memiliki gelar bangsawan.

Celana Jeans dan Sneakers

Putri DianaPutri Diana/ Foto: Marie Claire Australia


Saat tiba di Angola, Putri Diana memberikan sambutan di bandara dengan tampil kasual mengenakan celana jeans dan sneakers. Gayanya ini dikritik karena tak cocok dikenakan saat melakukan kunjungan yang sifatnya formal.

Gaun Model Strappy

Putri DianaPutri Diana/ Foto: Tim Graham/Getty Images/Town&Country


Saat menghadiri sebuah acara di Covent Garden pada tahun 1982, Putri Diana tampil mencuri perhatian mengenakan gaun model strappy warna merah berbahan chiffon rancangan Bellville Sassoon. Gayanya ini langsung menjadi kontroversi, karena seperti diketahui terdapat protokol berpakaian bagi perempuan anggota keluarga kerajaan untuk tidak bergaya terlalu terbuka semisal memperlihatkan bahu.

Revenge Dress

Putri DianaPutri Diana/ Foto: JAYNE FINCHER/GETTY IMAGES/People Magazine


Dari sekian tampilan Putri Diana yang ikonis, mungkin gayanya ketika mengenakan gaun hitam model off-shoulder ini adalah yang paling kontroversial. Putri Diana mengenakan gaun rancangan Christina Stambolian tersebut tepatnya pada 29 Juni 1994. Saat menghadiri acara yang diadakan majalah Vanity Fair untuk Serpentine Gallery di Kensington Garden. Selain desainnya, elemen yang memberi unsur drama juga karena Putri Diana mengenakan gaun tersebut tak lama setelah Pangeran Charles tampil di televisi di mana ia mengakui skandal perselingkuhannya kala itu. Media pun menjuluki gaun Putri Diana tersebut sebagai, 'revenge dress'.

Bagaimana menurutmu Beauties? Apakah sejumlah gaya Putri Diana tersebut memang kontroversial?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id