sign up SIGN UP

FASHION

Pecinta Batik, Apa Kamu Sudah Tahu Berbagai Jenis Batik Indonesia Ini?

Frandini Pramono | Rabu, 05 Jul 2017 12:00 WIB
Pecinta Batik, Apa Kamu Sudah Tahu Berbagai Jenis Batik Indonesia Ini?
caption
Berkat tangan dingin pada desainer batik, kain ini terus bekembang menjadi karya nusantara yang prestisus. Namun, tantangannya adalah kita sendiri belum tahu apa saja pola batik asli Indonesia serta dari mana pola itu berasal. Nah, supaya kita lebih cinta kepada batik, yuk cari tahu macam-macam pola batik di Indonesia!


 


1. Pola Batik Kawung


Pola batik kawung berasal dari Yogyakarta. Dulunya, pola batik ini dikenakan untuk keluarga kerajaan. Seperti di ketahui, dulu, pola batik memiliki kastanya sendiri. Ada beberapa motif batik yang memang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan. Salah satunya batik kawung.

Pola batik ini mengadopsi dari buah kolang-kaling dari batang pohon aren. Ada juga yang mengaitkan pola ini dengan binatang kuwangwung. Sementara filosofi dari pola batik kawung ialah agar senantiasa manusia selalu berguna bagaikan pohon aren yang dari ujung daun hingga akar sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 
 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/525724956478598459/


 


2. Pola Batik Parang


Ada macam-macam pola batik di Indonesia, namun yang paling dikenal sebagai pola yang kuat dan berani adalah batik parang. Pola batik parang ini membentuk huruf S, sehingga terakit antara satu dan lainnya. Makna dari batik parang ialah pantang menyerah dalam mengarungi kehidupan. Untuk itu parang sering dikaitkan dengan keberanian hidup. Ada beberapa jenis batik parang, diantaranya parang rusa, parang barong, parang klitik, parang kusumo, parag tuding, dan sebagainya. 
 


Foto: https://kravasia.com/products/a-line-batik-parang-dress-blue


 


3. Pola Batik Lereng


Lereng ialah jenis batik geometris dengan pola diagonal. Geometris bisa terlihat pada susunan pola yang berulang dan membentuk corak yang sama. Pola diagonal dari lereng juga ditemukan pada pola batik parang. Dan untuk pola geomteris ditemukan dari motif banji, dan ceplok. Batik lereng juga dikenal sebagai batik khusus keluarga kerajaan. Adanya pola batik lereng disebabkan karena lereng menjadi tempat persembunyian keluarga Keraton Kartasura agar terhindar dari malapetaka. 
 


Foto: https://www.zalora.co.id/danar-hadi-dress-batik-lereng-tritik-mix-red-1139819.html


 


4. Pola Batik Kudus


Batik ini memiliki pola yang cantik. Berasal dari Kudus, pola batik ini lahir dari cerminan kabupaten kudus. Merupakan simbol kepribadian kabupaten kudus yang tidak terbatas. Untuk itu pola batik ini memiliki filosofi tersendiri di setiap jenisnya, ada pola gebyok, kapal kandas, dan lainnya. Pola batik ini sedang mencuri perhatian para desainer untuk mengolahnya menjadi busana bernilai tinggi.
 


Foto: https://kampungwisatabatikmas.blogspot.co.id/2016/02/keindahan-batik-kudus.html


 


5. Pola Batik Nitik


Pola batik ini mengambil inspirasi dari kain tenun patola yang dibawa pedagang gurajat. Pola titik-titik serta geometri pada pola batik nitik sebagai lambang kebijaksanaa. Pola ini berasal dari Yogyakarta yang biasanya dikenakan pada acara resmi. Filosofi dari pola batik ini ialah orang yang mengenakannya diharapkan menjadi orang yang bijaksana dan dapat menilai orang dengan tepat.
 


Foto: https://www.vipplaza.co.id/adikusuma-hem-batik-nitik-balpung-merah.html


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id