sign up SIGN UP

FASHION

Penasaran dengan Tren Fashion Perempuan yang Populer Jaman Dulu? Ini Dia!

Agatha Kharisma | Selasa, 11 Jul 2017 10:30 WIB
Penasaran dengan Tren Fashion Perempuan yang Populer Jaman Dulu? Ini Dia!
caption
Mengamati perkembangan fashion perempuan dari masa ke masa selalu menarik. Tiap era memiliki beragam situasi politik dan sosial yang turut memberikan pengaruh pada mode. Terkadang fashion jaman dulu dapat menjadi inspirasi, namun tak jarang kita heran dibuatnya.

Era 1920 

Berakhirnya Perang Dunia I memberikan rasa kebebasan dan kemerdekaan bagi para perempuan di Amerika Serikat. Situasi politik ini melahirkan tren flapper, dengan pakaian yang mencerminkan modernitas dibanding era sebelumnya. Tren ini dikenali lewat dress berpotongan lurus, umumnya dengan panjang di atas mata kaki. Rambut yang dipotong bob disembunyikan dalam topi cloche.
Foto: https://flappers1920s.wordpress.com/tag/flappers-1920s/



Era 1940an

Percaya atau tidak, jaman dulu perempuan tak dapat mengenakan rok pendek atau celana panjang dengan bebas. Aktris Katherine Hepburn lantas mempopulerkan menswear sebagai tren fashion di era ini. Para perempuan mulai tampil dengan blazer dan celana panjang longgar.


Foto: https://www.vanityfair.com/hollywood/2016/05/katharine-hepburn-style-pants



Era 1960an

Masa-masa ini menyaksikan kelahiran tren fashion mod dan hippie yang tersebar di Inggris dan Amerika Serikat. Lahir di kota London, mod terinspirasi dari warna-warna cerah dan bentuk-bentuk geometris yang tegas.

Berlawanan dengan itu, lahir tren hippie yang menyuarakan keberagaman gaya hidup dan perubahan sosial. Berusaha melawan konsumerisme, tren hippie ditandai dengan pakaian dan aksesoris buatan sendiri, bell bottom jeanstie-dye, serta motif bunga-bunga. Hingga kini, mod adalah salah satu tren fashion jaman dulu yang masih dijadikan inspirasi panggung peragaan busana.


Foto: https://www.pinterest.com/crissy9388/mod-fashion/
Foto: https://www.emaze.com/@AITOCWOI/1960s-Fashion!-:D



Era 1980an

Melihat artis-artis era 80an seperti Madonna dan Cyndi Lauper, mungkin kamu dapat membayangkan fashion di masa ini. Kaum muda mendobrak segala aturan fashion dengan pakaian yang terinspirasi dari pola yang kreatif, warna-warna neon cerah, dan aksesoris yang ramai.

Di sisi lain, para wanita karir melahirkan tren yang disebut dengan power dressing. Dengan blazer, shoulder pads, dan rok selutut, mereka menegaskan otoritas dan pengaruh mereka di tempat kerja. Gaya power dressing masih diterapkan hingga kini, dengan penyesuaian, oleh para wanita karir, figur pemerintahan serta kerajaan.


Foto: https://www.pinterest.com/explore/madonna-80s/
Foto: https://womennet.am/


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id