sign up SIGN UP

FASHION

Penggemar Rok Plisket Perlu Tahu, Ini Tips Merawat Rok Plisket Agar Tetap Awet

Ade Irma Suryani | Senin, 07 Jun 2021 21:00 WIB
Penggemar Rok Plisket Perlu Tahu, Ini Tips Merawat Rok Plisket Agar Tetap Awet
Pleated Skirt/ Foto: unsplash.com/Vicky Cheng

Rok plisket yang memiliki banyak lipatan ini memang saat ini banyak digemari oleh para kaum wanita, terutama gadis-gadis muda. Di balik penampilannya yang indah dan menawan, rok plisket ini ternyata butuh cara khusus lho untuk merawatnya. 

Nah, buat kamu si penggemar rok plisket dan suka mengoleksi rok plisket, maka kamu perlu tahu bagaimana tips merawat rok tersebut agar tetap awet. Simak informasinya di bawah ini.

 

1. Lihat Label Perawatan yang Tertera

Lihat terlebih dahulu bagaimana perawatan rok plisket tersebut pada label perawatan.
Pleated Skirt/Foto: unsplash.com/Laura Chouette 

Agar rok plisket yang dimiliki terawat dengan baik, maka penting bagimu untuk melihat label perawatan yang tertera pada rok tersebut. Biasanya, pada beberapa brand fashion besar akan mencantumkan cara perawatannya, seperti saat proses mencuci dan menyetrika. 

Hal ini tentu saja sangat penting dan perlu kamu perhatikan, agar rok plisket-mu tetap awet. Karena itu, jangan menganggap remeh label perawatan yang tertera, okey? 

 

2. Mencuci dengan Tangan 

Cuci rok plisket dengan teknik celup.
Pleated Skirt/Foto: unsplash.com/Kinga Chicewicz  

Sebaiknya, kamu memang tidak mencuci rok plisket dengan menggunakan mesin cuci. Pasalnya, hal ini dapat membuat lipatan rok plisket menjadi cepat pudar. 

Karena itu, cucilah dengan cara merendam dan mencelup-celupkannya di air yang telah tercampur deterjen. Kamu dapat mengucek-nguceknya, namun usahakan jangan terlalu keras. Selain itu, jangan menyikat dan diperas. Karena dapat merusak lipatannya tersebut. 

 

3. Jangan Menjemur Terlalu Lama

Hindari menjemur rok plisket terlalu lama.
Pleated Skirt/Foto: unsplash.com/Nina Mercado  

Saat akan menjemur rok plisket, kamu juga tidak boleh menjemurnya terlalu lama di bawah sinar matahari. Karena paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat rok tersebut menyusut dan warna yang memudar. 

Agar lebih aman, sebaiknya kamu menjemur rok plisket pada tempat yang sedikit teduh. Lalu angkatlah segera setelah kering. 

 

4. Gunakan Setrika dengan Suhu Rendah

Setrika rok plisket dengan suhu rendah.
Pleated Skirt/Foto: unsplash.com/Olga Guryanova 

Agar lipatan pada rok plisket tetap terjaga dan tidak rusak, sebaiknya kamu memang tidak menyetrikanya. Namun jika kamu ingin tetap menyetrika rok plisket, maka pilihlah tingkat suhu yang paling rendah. Hal ini untuk menjaga agar lipatannya tidak rusak lantaran suhu panas setrika.

Setrika rok tersebut sesuai arah lipatannya. Jika kamu merasa kesulitan, maka kamu dapat menggunakan paperclips atau klip kertas untuk menjaga lipatannya. 

 

5. Jangan Dilipat

Jangan menyimpan rok plisket dengan cara dilipat.
Pleated Skirt/Foto: unsplash.com/Amelia Bartlett  

Ketika kamu akan menyimpan rok plisket, maka jangan menyimpannya dengan cara dilipat. Karena hal ini sendiri bisa membuat rok terlihat menjadi kusut dan adanya lipatan-lipatan tambahan. Tentu saja ini membuat rok plisket kamu tidak terlihat indah lagi. 

Agar tetap rapi dengan lipatannya, kamu dapat menyimpannya dengan cara digantung. Gunakan gantungan khusus yang terdapat jepitan di bagian pinggang rok. Setelah itu, bungkuslah dengan plastik jika ingin disimpan lama dalam lemari. Hal ini agar lipatan rok tetap awet meski terhimpit dengan pakaianmu yang lain.  

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat rok plisket agar tetap awet. Semoga bermanfaat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id