sign up SIGN UP

FASHION

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

Sulistiani | Jumat, 27 Sep 2019 10:15 WIB
Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek
caption
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat. Tak hanya sebagai penunjang penampilan, rambut juga kerap dijadikan standar kecantikan seseorang. Namun, apa jadinya jika rambut lepek? Hmm, pasti bikin bete seharian! Agar tidak mengganggu penampilan kamu harus tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Rambut Lepek



1. Makanan Berlemak

Tidak hanya tubuh, makanan juga memengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Salah satu makanan yang mempengaruhi rambut menjadi lepek adalah makanan berlemak. Minyak yang ditemukan dalam makanan berlemak dikeluarkan kembali ke pori-pori kulit, belum lagi kulit kepala, hingga rambut kulit kepala juga menjadi berminyak serta lepek.

2. Hormon

Hormon juga mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut. Produksi hormon yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berminyak.



3. Stres

Tidak untuk kesehatan, stres juga buruk untuk kecantikan kulit dan rambut. Stres dapat memengaruhi akar rambut karena rambut berminyak, lemas, rontok, beruban sampai kebotakan. Oleh sebab itu, ada baiknya menghindari stres.

4. Faktor Genetik

Genetika atau keturunan juga merupakan penyebab utama rambut lepek dan berminyak. Jika orang tua kita memiliki rambut yang lepek dan berminyak, itu mungkin juga akan menimpa kita.


Foto: Istimewa

5. Salah dalam Merawat Rambut

Salah dalam menggunakan produk kecantikan dan juga dalam merawat rambut juga berpotensi merusak rambut, salah satu efek yang membuat rambut menjadi lepek dan berminyak. Temukan produk kecantikan yang sesuai dengan rambut dan kulit kepala kita.


Mengatasi Rambut Lepek


Yogurt


Keramas berlebihan pada rambut cenderung menyebabkan penumpukan bahan kimia, yang akan mencegah folikel rambut tidak terpelihara dengan baik. Yogurt membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya ini, sehingga melembapkan kulit kepala namun tidak lepek.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa dikenal karena khasiat penyembuhannya untuk rambut. Selain melembapkan dan melembutkan helai rambut, minyak kelapa juga meningkatkan kapasitas untuk mempertahankan kelembapan. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa membantu merevitalisasi rambut yang rusak.
 
Cuka Apel



Cuka apel dapat digunakan sebagai kondisioner setelah mencuci rambut. Ini membantu dalam menghilangkan ketombe dan menutup kutikula rambut untuk mencegah hilangnya kelembapan. Cuka apel juga membantu mencegah penumpukan bahan kimia dan residu di rambut dan kulit kepala.

Pisang


Pisang kaya akan karbohidrat, protein dan vitamin yang memberi nutrisi pada rambut. Ini memperkuat rambut, sehingga mencegah kerusakan dan ujung bercabang. Ini menambah kilau dan volume pada rambut kamu, menghilangkan rambut kusam dalam prosesnya.

Telur

Telur adalah obat kuno yang digunakan untuk merawat rambut kusam. Pecahkan telur dan aduk isinya selama beberapa waktu, oleskan pada rambut dan biarkan hingga kering. Cuci bersih setelah 20-25 menit dan ulangi yang sama dua kali setiap minggu. Telur mengandung protein yang memperkuat dan menambah volume pada rambut.
 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id