sign up SIGN UP

FASHION

Punya Rambut Keriting? Begini Cara Perawatan yang Benar!

Fahira mahza | Selasa, 30 Mar 2021 16:30 WIB
Punya Rambut Keriting? Begini Cara Perawatan yang Benar!
caption

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Rambut yang indah dan sehat akan membuat wanita tampil lebih percaya diri. Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, hal ini biasanya disebabkan oleh keturunan atau genetik. Jenis rambut yang beragam mulai dari lurus, ikal hingga keriting semuanya memiliki keunikan dan kecantikannya masing-masing.

Karakteristik jenis rambut ini berbeda-beda sehingga perawatannya pun tak sama. Kebanyakan orang masih kesulitan dalam merawat rambut keriting. Rambut keriting memang memiliki bentuk dan karakteristik yang sedikit lebih rumit dari jenis rambut lainnya. Namun, jika dirawat dengan tepat maka rambut keriting akan memancarkan pesona yang luar biasa.

Jika kamu memiliki rambut keriting, coba simak tips ini agar tidak mudah kusut dan gampang diatur!

Gunakan shampoo yang sesuai jenis rambut 

Gunakan shampoo yang sesuai jenis rambut
Gunakan shampoo yang sesuai jenis rambut/foto: shopee.co.id

Dalam merawat rambut keriting sebaiknya perhatikan jenis shmapoo yang kamu gunakan. Shampoo yang beredar di pasaran biasanya mengandung detergen sebagai bahan pembersih utama. SLS adalah jenis detergen yang biasa digunakan dalam shampoo. Bahan ini bekerja dengan cara mengikat kotoran dan minyak namun efeknya dapat merusak rambut. Pilihlah shampoo bebas SLS atau sulfat untuk menghindari rambut kusut. 

Rutin menggunakan conditioner 

Rutin menggunakan conditioner
Rutin menggunakan conditioner/foto: allthingshair.com

Salah satu kunci dalam merawat rambut keriting yakni rutin menggunakan conditioner rambut. Conditioner berfungsi membantu mengembalikan kelembaban dan menghaluskan rambut setelah menggunakan shampoo. Pilih conditioner yang mengandung bahan pelembab alami seperti vitamin E dan shea butter. Setelah menggunakan shampoo, aplikasikan conditioner dari batang hingga ujung rambut kemudian diamkan beberapa saat sebelum dibilas.

Jangan keramas setiap hari

Jangan keramas setiap hari
Jangan keramas setiap hari/foto: freeik.com

 

Shampoo digunakan untuk membersihkan kelebihan minyak dan kotoran di kulit kepala. Tapi, menggunakan shampoo terlalu sering akan menghilangkan minyak alami dari rambut sehingga rambut akan kering dan rapuh. Rambut keriting disarankan untuk tidak terlalu sering keramas karena lebih rentan kering.

Aturlah durasi keramas seperti 2-3 kali seminggu. Namun, apabila rambut sudah terasa tidak nyaman karena minyak dan kotoran kamu boleh keramas dengan shampoo yang tepat. 

Gunakan vitamin rambut 

Gunakan vitamin rambut
Gunakan vitamin rambut/foto: freepik.com

Selain menggunakan conditioner, kamu juga dapat menggunakan vitamin rambut agar rambut tetap sehat dan berkilau. Rambut keriting cenderung sulit diatur dan mudah kusut. Untuk itu, penggunaan vitamin rambut yang mengandung berbagai bahan alami serta natural oil essence sangat cocok untuk rambut keriting. Gunakan vitamin rambut setelah keramas ketika keadaan rambut setengah basah. 

Keringkan rambut dengan teknik scrunch

Keringkan rambut dengan teknik scrunch
Keringkan rambut dengan teknik scrunch/foto: freepik.com

Agar rambut keritingmu tetap cantik dan mudah diatur maka kamu harus melakukan teknik yang tepat saat keramas dan mengeringkannya. Saat mengeringkan rambut dan keadaan masih setengah basah, cobalah gunakan teknik scrunch untuk membentuk rambut keriting yang lebih alami.

Flip rambut ke arah depan, kemudian lakukan gerakan meremas. Teknik ini akan mengeluarkan natural curl pada rambutmu. Setelah itu, keringkan perlahan dan lembut dengan handuk. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk merawat rambut keritingmu agar tetap sehat, anti kusut dan mudah diatur. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id