sign up SIGN UP

FASHION

Rambut Rusak akibat Rebonding atau Smoothing? Perawatan Keratin Solusinya!

Ayu Choirunisa | Sabtu, 12 Dec 2020 22:45 WIB
Rambut Rusak akibat Rebonding atau Smoothing? Perawatan Keratin Solusinya!
caption

Rebonding atau smoothing sudah terkenal sejak 2000-an. Teknik pelurusan rambut ini dilakukan dengan memakai kandungan kimia, dan alat pemanas dan pelurus rambut seperti catokan. Namun, sadar ataupun tidak, rebonding atau smoothing sebenarnya bisa merusak kesehatan rambut, lho!

Pemakaian bahan kimia yang keras dan alat pemanas yang berlebih pada teknik pelurusan rambut membuat rambut kita kehilangan kilau alami dan elastisitasnya. Rambut juga bisa terlihat sangat kering, bercabang, dan mudah patah, sehingga membuat kita frustasi sendiri melihatnya.

Hal itu disebabkan rusaknya kandungan keratin alami pada rambut kita. Keratin adalah protein yang ditemukan pada rambut, kulit dan kuku. Fungsi dari keratin sendiri adalah untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Nah, kalau kandungan keratin alami pada rambut sudah rusak, artinya kita harus melakukan perawatan untuk mengembalikan kesehatan keratin rambut. Bagaimana cara melakukan perawatan keratin? Kemudian apa saja produk yang cocok untuk di coba? Simak ulasan berikut!

Shampoo yang Mengandung Keratin

close-up-portrait-young-pretty-woman-taking-shower_186202-4166
Shampoo Kandungan Keratin/freepik.com/

Dimulai dari perawatan yang paling umum, yaitu memakai shampoo. Tapi ingat, untuk kasus rambut rusak akibat rebonding dan smoothing ini perlu shampoo khusus yang mengandung keratin.

Pemulihan bertahap dari memakai sampo keratin ini penting, karena ampuh melawan rambut kusam dan kering. Selain itu, shampoo keratin biasanya bermanfaat untuk membuat rambut mudah diatur, berkilau, dan tampak lebih lurus. Nah, berikut pilihan shampoo yang berbahan keratin:

  • Tresemme Keratin Smooth Shampoo
  • OGX Anti-Breakage Keratin Oil Shampoo
  • L’Oreal Expect Pro Keratin Shampoo
  • Kerastase Discipline Bain Fluidealiste Shampoo

Oiya, jangan terlalu sering keramas, karena kandungan surfactant dalam shampoo juga bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Setidaknya keramas 1 kali sehari saja cukup.

Memakai Conditioner Mengandung Keratin

woman-applying-conditioner-after-shower_329181-1501
Memakai Conditioner/freepik.com/

Conditioner yang mengandung keratin akan mengembalikan fleksibilitas rambut, sehingga rambut rusak akibat rebonding dan smoothing tidak mudah patah lagi. Memakai Conditoner setelah keramas juga berfungsi agar rambut lembab dan berkilau.

Tak hanya itu, ia juga membuat rambut sehat, menggantikan minyak rambut terutama untuk rambut kering dan melindungi rambut dari kerusakan. Pilihan Produk Conditioner yang mengandung keratin:

  • Dove Nourishing Oil Care Conditioner
  • Kerastase Ciment Anti-Usure L’Oreal paris Smooth
  • Intense Smoothing Condioner
  • Tresemme Keratin Smooth Conditioner

Perawatan Masker Rambut dengan Keratin

woman-washing-head-hairsalon_1157-27179
Masker Rambut/freepik.com/

Melakukan perawatan dengan masker rambut juga sangat penting. Tidak harus selalu melakukan nya di salon, kita juga harus memiliki produk masker rambut untuk digunakan secara rutin di rumah.

Setidaknya lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu agar rambut rusak akibat rebonding atau smoothing lebih cepat pulih. Kegunaan dari memakai masker rambut yang mengandung keratin adalah untuk melindungi dan menguatkan rambut. Berikut adalah produk masker yang mengandung keratin :

  • Kerastase Crème Chronologiste
  • Loreal Professional Absolut Repair Hair Mask
  • Yves Rocher Nutrition Silky Mask
  • Tresemme Smooth Keratin Nourishing Mask

Nah, itu dia cara mengatasi rambut rusak akibat rebonding dan smoothing dengan perawatan Keratin. Khusus untuk perawatan masker rambut usahakan dilakukan secara rutin, untuk hasil yang lebih cepat dan bagus. Sedangkan conditioner bisa optional, tapi jika digunakan akan lebih baik untuk kesehatan rambut. Semoga bermanfaat!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id