sign up SIGN UP

FASHION

Salah Cukur Sampai Jadi Pitak? Begini Cara Mengatasinya

Dyah Na | Kamis, 04 Jun 2020 14:00 WIB
Salah Cukur Sampai Jadi Pitak? Begini Cara Mengatasinya
caption

Selama menghabiskan banyak waktu #dirumahaja banyak dari kamu yang mendadak berubah menjadi hairdresser. Dengan ilmu seadanya, kamu mencoba memberanikan diri untuk memotong rambut sendiri atau mencukur rambut pasangan. Tapi tak jarang, kesalahan bisa terjadi pada momen ini. Kalau salah cukur, bisa-bisa rambut jadi pitak. Duh!

Tenang aja Ladies, ternyata rambut pitak bisa kok diatasi dengan bahan alami. 

 


Aloe Vera Gel

image
Lidah Buaya / sumber: Freepik.com

Sudah bukan rahasia kalau aloe vera alias lidah buaya punya manfaat besar dalam membantu pertumbuhan rambut. Sejak kecil, kamu mungkin sudah biasa menggunakan bahan alami ini untuk merawat kesuburan rambut. Nah, aloe vera juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi pitak pada rambut lho.

Cukup ambil bagian gel bening yang ada dalam tumbuhan lidah buaya. Hancurkan hingga menjadi halus, lalu balurkan ke kepala yang pitak. Ketika membalurkan gel lidah buaya, kamu juga bisa sekaligus memijat bagian kepala secara lembut ya, Ladies. Hal ini berguna untuk membantu penyerapan nutrisi agar lebih cepat. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu keramaslah untuk membersihkan sisa gel lidah buaya dari rambut.

 

Minyak Kelapa

image
Minyak Kelapa / sumber: Freepik.com

Minyak kelapa juga sudah dipercaya sebagai bahan alami untuk merawat keindahan rambut sejak dulu kala. Tapi, saat ini kamu mungkin akan kesulitan jika harus mengolah minyak kelapa asli menjadi masker rambut. Solusinya, kamu bisa membeli minyak kelapa kemasan yang berlabel "virgin coconut oil" untuk mengatasi kepala pitak.

Cara menggunakan juga gampang banget. Kamu hanya perlu menghangatkan minyak kelapa dengan microwave atau menggunakan panci di atas kompor. Tak perlu sampai mendidih, cukup hangatkan saja. Setelah itu, balurkan minyak kelapa yang sudah hangat pada bagian kepala yang pitak sambil dipijat-pijat. Diamkan minyak kelapa semalaman hingga meresap ke kulit kepala.

Lakukan treatment ini setiap dua hari sekali untuh hasil maksimal. Bukan cuma menumbuhkan rambut di kepala pitak, perawatan dengan minyak kelapa juga menutrisi pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan sehat.


Bawang Bombay

image
Bawang Bombay / sumber: Freepik.com

Cara ini mungkin akan terlihat aneh, tapi kamu bisa menumbuhkan rambut di kepala petak dengan bawang bombay. Tingkat konsentrasi sulfur yang tinggi pada bawang bombay ternyata bermanfaat untuk menumbuhkan rambut pada area kulit kepala yang pitak. Untuk perawatan ini, kamu perlu menghaluskan bawang bombay dengan blender. Lalu, balurkan ke bagian kepala yang pitak sambil dipijat-pijat lembut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan shampo hingga bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id