sign up SIGN UP

FASHION

Say No to Baju Berantakan dengan 6 Tips Berikut

Rani Mutiara | Senin, 17 May 2021 13:15 WIB
Say No to Baju Berantakan dengan 6 Tips Berikut
caption
Jakarta -

Hai, Beautynesians! Siapa disini yang setuju kalau baju berantakan itu juga bisa membuat mood kita berantakan? Tapi kadang kala kita emang ga punya waktu untuk membereskannya apalagi kalau sedang buru-buru. But don't worry, karena akan ada 6 tips berikut yang bakal membantu kamu supaya baju di lemari tetap tersusun rapi.

1. Susun Sesuai Warna dan Jenis

Dalam mencari pakaian biasanya kita akan lebih ingat warna dan bentuknya. Oleh karena itu, kamu bisa menyusun pakaian di lemari berdasarkan jenisnya kemudian berdasarkan warnanya. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah mencari suatu pakaian dengan jenis A dan warna B sehingga tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari pakaian.

wardrobe | Pixabay.com/Steve Adcock
wardrobe | Pixabay.com/Steve Adcock

2. Jangan Lipat Baju Berbahan Licin

Baju berbahan licin akan membuat lipatan baju di atasnya mudah tergelincir dan akhirnya berantakan. Oleh karena itu, pisahkan baju berbahan licin dan gantung menggunakan hanger supaya lemari lebih terlihat rapi.

3. Pilih Baju Paling Lambat H-1 sebelum Dipakai

Kesalahan umum yang sering dilakukan kita yaitu mencari baju yang hendak dipakai beberapa jam sebelum waktu pergi. Hal ini membuat kita menjadi terburu-buru karena waktu lebih banyak dihabiskan untuk membongkar lemari sehingga tidak sempat lagi untuk membereskannya. Ketika pulang, kita akan lebih memilih beristirahat sehingga akhirnya membereskan baju yang sudah berantakan tadi menjadi tertunda terus. Karena itu, alangkah efektifnya jika memilih baju H-1 sebelum digunakan terutama untuk acara-acara formal dan penting.

Sehingga kamar tidak terlalu berantakan oleh baju-baju dari lemari ketika kita sedang buru-buru pergi.

Home Wardrobe | Freepik.com
Home Wardrobe | Freepik.com

4. Segera Simpan Baju setelah Dilipat

Ketika baju selesai dilipat atau disetrika, kebiasaan kita adalah membiarkannya terlalu lama di luar entah itu kita letakkan di atas meja ataupun kasur. Lama-kelamaan lipatan baju semakin tinggi dan akhirnya kita semakin merasa malas untuk menyimpannya ke lemari. Padahal jika begitu baju selesai dilipat dan langsung kita simpan, maka waktu yang diperlukan akan lebih sedikit dan kita juga lebih mudah mengembalikan baju sesuai susunannya masing-masing.

5. Pisahkan Pakaian Dalam di Tempat Lebih Kecil dan Tertutup

Pakaian dalam umumnya bagian yang bentuknya paling kecil di lemari namun jika tidak disusun dengan benar maka bisa memakan tempat yang paling banyak. Penting bagi kita untuk memisahkan pakaian dalam menjadi tempat tersendiri entah itu di dalam kotak ataupun laci supaya lemari terlihat lebih rapi.

6. Jangan Kembalikan Baju yang Tidak Digunakan ke Lemari

Ketika menemukan baju yang sudah robek, kekecilan dan tidak akan digunakan lagi, segera pisahkan baju tersebut. Kemudian, masukkan baju tadi ke dalam sebuah kotak atau keranjang. Karena jika baju tersebut dikembalikan ke dalam lemari lagi, kita akan selalu merasa bahwa baju itu masih bagus dan bisa dipakai. Sehingga kita akan membiarkannya dan terus mencobanya lagi. Akhirnya bukan hanya membuang-buang waktu, tapi juga tenaga dan tempat.

Laundry | Freepik.com
Laundry | Freepik.com

Itulah 6 tips yang perlu diingat supaya baju dalam lemari tetap terlihat rapi. Pastikan kamu menerapkan semuanya, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id