sign up SIGN UP

FASHION

Sering Enggak Diperhatikan, Kebiasaan Ini Bisa Buat Rambut Rusak, Lho!

Anisalestari | Rabu, 05 Feb 2020 04:00 WIB
Sering Enggak Diperhatikan, Kebiasaan Ini Bisa Buat Rambut Rusak, Lho!
caption
Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang bisa buat rambut rusak, Ladies. Yuk, lebih diperhatikan untuk mendapatkan rambut indah. Berikut informasinya!

Keramas dengan air panas


Foto: https://www.freepik.com/
Keramas menggunakan air panas merupakan kebiasaan yang buat rambut rusak lho, Ladies. Pasalnya suhu air yang panas dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Rambut yang kering akan terlihat kusam dan mudah rontok karena kelembapan alaminya hilang. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan air dingin atau normal saja saat akan keramas, ya!

Mengeringkan rambut terlalu kencang dengan handuk


Foto: https://www.freepik.com

Mengeringkan rambut menggunakan handuk memang sudah menjadi kebiasaan. Namun kebiasaan ini dapat membuat rambut rusak, lho. Dalam keadaan basah, rambut akan menjadi lebih rapuh karena kutikula pelindungnya sedikit terangkat, Ladies

Jadi sebaiknya jangan mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan menggosoknya terlalu kencang dan kasar, ya. Keringkanlah rambut dengan lembut lalu sisir rambut setelahnya.


Menggunakan ikat rambut terlalu kencang


Foto: https://www.instagram.com/galaktik_studio/

Kebiasaan yang buat rambut rusak selanjutnya adalah menggunakan ikat rambut terlalu kencang. Hal ini dapat membuat folikel rambut menjadi tegang sehingga dapat menyebabkan rambut rusak, bahkan membuat rambut tidak tumbuh lagi. Lebih baik saat akan mengikat rambut kendurkan ikatannya dan usahakan jangan mengikat rambut saat sedang tidur.


Menggunakan produk styling terus-menerus


Foto: https://www.freepik.com/

Jika kamu sering menggunakan hairspray atau gel rambut, kondisi rambut akan kering dan rapuh sehingga menyebabkan rambut rusak. Hal ini disebabkan oleh produk hair styling yang mengandung alkohol cukup tinggi. Cukup gunakan produk tersebut sekali-kali dan pilihlah produk dengan kandungan bahan yang dapat menjaga kelembapan rambut.


Mencabuti ujung rambut


Foto: https://www.freepik.com/

Ujung rambut yang kering dan bercabang memang selalu bikin gemas dan sering membuat kamu ingin mencabutinya, kan? Namun hati-hati, kebiasaan ini buat rambut rusak. Mencabuti ujung rambut dapat membuat rambut menjadi renggang dan menjadi lebih rentan rontok.


Terlalu lama di bawah terik matahari


Foto: https://www.freepik.com

Paparan sinar UV yang terlalu lama juga dapat menjadi penyebab rambut rusak. Pasalnya sinar UV dapat mengurangi kekuatan dan elastisitas rambut. Paparan yang terjadi dalam jangka waktu lama dapat melemahkan kutikula sehingga membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Sebaiknya saat berada di luar ruangan gunakan pelindung untuk rambut seperti topi atau payung.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id