sign up SIGN UP

FASHION

Stop! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut

Shinta Nikmah | Selasa, 26 Jan 2021 15:00 WIB
Stop! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Rambut
caption

Rambutmu adalah mahkotamu. Istilah ini pasti sudah sering didengar.

Sebagai mahkota tubuh banyak wanita memperlakukan rambut dengan baik karena bisa menunjang penampilan. Tak heran banyak wanita menghabiskan waktu berjam-jam di salon untuk merawat rambut agar lebih sehat dan indah.

Namun tidak setiap hari kamu bisa meluangkan waktu berjam-jam untuk pergi ke salon demi merawat rambut. Sebagai gantinya kamu perlu merawat rambut sendiri di rumah dengan peralatan dan produk yang ada.

Sayangnya, masih ada kesalahan yang dilakukan kebanyakan wanita ketika merawat rambut. Kira-kira apa yang salah ya?

Terlalu Sering atau Jarang Keramas

Keramas
Keramas 2 Hari Sekali/ Foto: freepik.com

Menjaga rambut agar tetap bersih adalah kewajiban. Pasti kamu tidak mau rambutmu kotor dan lepek karena jarang keramas kan? Nah, agar tetap bersih, kamu bisa mencuci rambut 2 hari sekali.

Meskipun bagus untuk menjaga rambut tetap bersih, namun kamu tidak dianjurkan untuk keramas setiap mandi atau setiap hari. Terlalu sering keramas justru bisa menghilangkan minyak alami rambut sehingga rambut mudah kering dan rapuh.

Menggunakan Hair Dryer Setiap Hari

Hair dryer
Gunakan Hair Dryer 1-2 Kali Seminggu/ Foto: freepik.com

Saat terburu-buru, hair dryer mungkin menyelamatkanmu untuk menghemat waktu mengeringkan rambut. Namun hair dryer tidak dianjurkan digunakan setiap hari. Idealnya pemakaian hair dryer disarankan 1-2 kali seminggu.

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa merusak batang rambut dan membuat rambut menjadi kering. Penggunaan hair dryer yang overheating juga bisa membuat ujung rambut kering dan bercabang. Jadi mulai sekarang batasi penggunaan hair dryer untuk menjaga kesehatan rambut ya Ladies.

Menggosok Rambut Basah Dengan Handuk

Handuk
Mengeringkan Rambut dengan Handuk/ Foto: freepik.com

Sehabis keramas dan kondisi rambut masih basah kamu mungkin mengeringkan rambut dengan handuk kering. Namun jangan sampai kamu menggosok rambut dengan handuk secara kasar. Sebab rambut yang masih basah kondisinya lebih rapuh jika dibandingkan rambut dalam kondisi kering.

Jika digosok dengan handuk secara kasar, maka rambut bisa patah. Lebih baik kamu mengeringkan rambut dengan membungkusnya menggunakan handuk tipis, atau membiarkannya mengering sendiri.

Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Menyisir
Jangan Menyisir Rambut saat Masih Basah/ Foto: freepik.com

Menyisir rambut saat masih basah sebenarnya juga tidak dianjurkan. Seperti yang sudah disebutkan, ketika rambut basah kandungan air pada rambut menyebabkan rambut lebih rapuh sehingga akan mudah patah dan rontok jika kamu menyisirnya. Menyisir menggunakan tangan juga tidak dianjurkan lho, lebih baik tunggu hingga rambut mengering baru kemudian disisir. 

Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ikat
Jangan Mengikat Rambut Terlalu Sering/ Foto: freepik.com

Jika kamu sering mengikat rambut dengan kencang dan jarang diurai, maka ketahuilah kebiasaan tersebut dapat membuat rambut mudah rontok lho. Rambut yang terus menerus diikat akan membuat akarnya rapuh dan merusak folikel rambut.

Tak jarang beberapa wanita mengalami sakit kepala karena ikatan rambut yang terlalu kencang. Hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang terhambat sehingga mengganggu kerja syaraf. Nah, mulai sekarang kamu harus sering-sering mengurai rambut ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id