sign up SIGN UP

Tampilkan Foto yang Dianggap Kontroversial, Dior Tuai Kecaman di China! Seperti Apa?

Rayoga Firdaus | Senin, 22 Nov 2021 15:30 WIB
Tampilkan Foto yang Dianggap Kontroversial, Dior Tuai Kecaman di China! Seperti Apa?
caption
Jakarta -

Dior tuai kecaman di China gara-gara memajang foto yang dianggap mendiskreditkan citra perempuan negara tersebut. Dalam sebuah pameran yang diadakan oleh di Shanghai, Dior menampilkan perempuan memegang tas Lady Dior memakai pakaian tradisional.

Media setempat Beijing Daily mengkritik dengan menuliskan "Apakah ini perempuan Asia di mata Dior?" serta menyoroti konsep dandanan model yang dianggap "gaya makeup mata yang menyeramkan, wajah muram, dan kuku panjang ala Dinasti Qing".

Foto di pameran Dior yang menjadi kontroversiFoto di pameran Dior yang menjadi kontroversi/ Foto: scmp

Dipotret oleh Chen Man, foto tersebut langsung menjadi kontroversi di media sosial Weibo. Beberapa membahas mengenai stereotype akan perempuan China di mata budaya Barat. Namun ada juga netizen yang menyoroti bahwa foto tersebut justru mendobrak standar kecantikan di China yang dianggap berkulit mulus dan bermata besar seperti dikutip dari Global Times.

Belum ada komentar resmi dari Dior mengenai insiden ini namun diketahui rumah mode Prancis tersebut sudah tidak memajang lagi foto tersebut baik di pameran maupun di media sosialnya.

Karya Chen Man untuk majalah I-DKarya Chen Man untuk majalah I-D/ Foto: Chen Man/Via Weibo & Next Shark

Next Shark melaporkan bahwa sang fotografer Chen Man juga pernah membuat karya foto serupa. Tepatnya untuk majalah fashion Inggris I-D di mana ia mendandani para model perempuan China dalam pakaian tradisional.

Ternyata ini bukan kali pertama Dior terjerat kontroversi di China, sebelumnya dalam sesi presentasi di sebuah universitas pada tahun 2019 rumah mode milik LVMH itu menampilkan peta negara tersebut namun tanpa menyertakan Taiwan. Dior pun merilis pernyataan maaf kala itu.

Selain Dior, label fashion yang pernah menjadi kontroversi di China adalah Dolce & Gabbana. Ketika pada tahun 2018 merilis video promosi yang menampilkan model kesulitan memakai makanan barat dengan memakai sumpit. Serta akun Diet Prada juga membocorkan isi direct message Instagram Stefano Gabbana yang menghina negeri Tirai Bambu tersebut.

---

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id