sign up SIGN UP

FASHION

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Sepele ini Bikin Rambut Cepat Lepek dan Berminyak

Dian Aprilia | Sabtu, 13 Mar 2021 15:30 WIB
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Sepele ini Bikin Rambut Cepat Lepek dan Berminyak
caption

Masalah rambut yang seringkali dihadapi oleh para wanita adalah rambut yang cepat berminyak dan lepek. Selain tidak indah, rambut lepek juga bikin tidak nyaman karena kepala terasa berat dan terkadang terasa gatal. Penyebab rambut lepek pada umumnya adalah penumpukan minyak, keringat dan kotoran di kulit kepala.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 kebiasaan yang membuat rambut cepat lepek dan berminyak: 

Salah Pilih Sampo

Sampo
Sampo/pexels.com

Kesalahan pertama yang bikin rambut cepat lepek adalah salah memilih sampo. Hal ini rawan memicu ketombe, gatal dan juga minyak berlebih di kulit kepala. Untuk itu, penting mengetahui jenis rambut dan karakternya, agar kamu bisa memilih sampo yang cocok.

Ada beragam jenis sampo yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah sampo untuk kulit kepala berminyak, kulit kepala kering, sampo untuk hijabers dan lainnya.

Terlalu Sering Keramas

Keramas
Keramas/pexels.com

Sebagian wanita menganggap keramas setiap hari adalah wajib. Selain rambut terasa lebih ringan, kebiasaan tersebut juga membuat wanita merasa nyaman dan terasa bersih. Meski begitu, faktanya keramas terlalu sering atau bahkan tiap hari justru mendatangkan masalah, mulai dari kulit kepala kering, ketombe semakin subur dan juga lepek.

Hal ini dikarenakan, saat keramas, sampo akan membersihkan semua debu, kotoran dan minyak, alhasil kepala terasa kering dan akhirnya menghasilkan minyak lebih banyak. Akibatnya rambut bukannya indah, malah jadi lepek. Pada umumnya, intensitas keramas cukup 2-3 hari sekali, tapi kembali lagi sesuaikan dengan jenis rambut dan aktivitasmu ya.

Kurang Bersih Saat Keramas

Kesalahan ketiga yang juga sering dilakukan wanita adalah kurang bersih saat keramas atau pun membilas conditioner. Tips yang bisa kamu lakukan agar tak melakukan kesalahan ini adalah mandi keramas saat waktu luang atau tidak terburu-buru, sehingga kamu bisa keramas dengan santai dan benar.

Sebab jika tergesa-gesa dan kurang bersih, sisa sampo bisa menumpuk di kulit kepala dan jadi ketombe. Sama halnya dengan keramas, kamu juga harus membilas conditioner dengan benar dan sampai bersih agar minyak atau krim tidak bertahan di rambut yang rentan bikin lepek.

Menggunakan Banyak Produk

Produk
Produk/pexels.com

Niatnya mau memperhatikan kesehatan rambut, eh kok berlebihan. Bukannya rambut sehat dan berkilau, malah jadi lepek dan berminyak. Memang segala hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk hal positif sekalipun. Perawatan rambut sah-sah saja, tapi jangan terlalu banyak, seperti menggunakan serum, hair oil, leave on conditioner, gel, wax, hair spray dan lainnya.

Pakai saja produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambutmu. Jangan pakai secara berlebihan juga ya!

Menggunakan Sisir yang Kotor

Sisir yang kotor
Sisir yang kotor/pexels.com

Kapan terakhir kali kamu mencuci sisir rambut? Sisir rambut yang kotor juga bisa bikin rambutmu mudah lepek lho. Sebab kotoran dan debu yang ada di sisir turut menempel pada rambutmu. Sebaiknya cuci sisir setiap 1-2 minggu sekali, agar sisir tetap bersih dan tidak mengotori rambutmu.

Itulah 5 kebiasaan sepele yang bisa bikin rambutmu cepat lengket dan berminyak. Yuk kita rawat rambut dengan benar, agar indah dan tetap sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id