sign up SIGN UP

FASHION

Ternyata Ini Parfum yang Diciptakan Pertama Kali di Dunia!

tjitradewi | Minggu, 14 Feb 2021 13:00 WIB
Ternyata Ini Parfum yang Diciptakan Pertama Kali di Dunia!
caption

Keberadaan wewangian untuk tubuh, atau secara luas disebut dengan parfum lekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan ada beberapa orang yang membentuk persona mereka melalui wewangian yang mereka kenakan. Namun, apakah kalian sudah tahu kapan pertama kali manusia menemukan dan memakai parfum?

Menurut website Viora London,  parfum pertama kali digunakan oleh masyarakat Mesir awal, yakni sekitar tahun 3.000 hingga 1.000 sebelum Masehi. Namun, penggunaan wewangian tersebut sebagian besar digunakan dalam upacara keagamaan.

Kayu manis
Kayu manis (freepik)

Seperti ditemukan dalam tulisan disejumlah bangunan kuno Mesir, wewangian berbahan dasar ekstrak minyak tersebut biasanya berasal dari rempah-rempah, seperti cardamom (kapulaga), cinnamon (kayu manis), myrrh (dibuat dari biji-bijian sejumlah pohon berduri), cassia bark (kayu manis Tiongkok). 

Wewangian tersebut juga diketahui terdapat di dalam mumi para Firaun, yakni sebagai salah satu bahan pembalsaman. Para peneliti juga memperkirakan bahwa wewangian ini digunakan oleh para bangsawan Mesir sebagai simbol kekayaan.

Ilustrasi masyarakat Mesir kuno
Ilustrasi masyarakat Mesir kuno (freepik)

Selain masyarakat Mesir kuno, masyarakat Arab dan Yunani kuno juga diketahui merupakan pelopor pembuat wewangian. Biasanya mereka membakar sejumlah tanaman seperti myrrh dan frankincense (minyak dari getah pohon Boswellia) sebagai bagian dari upacara keagamaan. Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan wewangian dicampur dengan minyak dan menjadi cikal bakal parfum modern.

Ilustrasi minyak esensial
Ilustrasi minyak esensial (freepik)

Setelah ditemukan alkohol, masyarakat mulai mencampur minyak esensial dengan alkohol yang telah didenaturisasi. Semakin banyak persentase alkohol yang dicampurkan, wewangian akan cepat hilang wanginya, begitu pula sebaliknya.

Parfum modern yang diketahui diproduksi untuk pertama kali adalah Hungary Water. Parfum ini merupakan campuran dari rosemary, thyme, orange blossom, dan lemon yang dilarutkan dalam alkohol. Ratu Elizabeth diketahui memakai parfum tersebut.

4711 Original Eau de Cologne
4711 Original Eau de Cologne (instagram.com/4711)

Ladies, apakah kamu tahu ada sebuah parfum yang telah berusia 200 tahun dan masih diproduksi hingga kini? 4711 Original Eau de Cologne diperkirakan menjadi parfum tertua yang masih dibuat hingga kini. Komposisi cologne asal Jerman ini tidak diubah sejak 1792.

Wewangian ini dibuat dari bergamot, lemon, dan jeruk. Wangi citrus segar tersebut berpadu dengan wangi bunga lavender, rosemary, dan bitter orange blossom yang membuat parfum ini memiliki aroma segar dan manis. Apakah kamu tertarik mencoba?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id