sign up SIGN UP

FASHION

Tips Pakai Kondisioner yang Benar Agar Rambut Lebih Lembut

Lulu Lukyani | Kamis, 08 Apr 2021 20:30 WIB
Tips Pakai Kondisioner yang Benar Agar Rambut Lebih Lembut
Ilustrasi menggunakan kondisioner/Freepik
Jakarta -

Kondisioner merupakan langkah kedua untuk membersihkan rambut. Kondisioner diformulasikan untuk membuat rambut lebih mudah diatur dan lebih lembut.

Biasanya, kondisioner mengandung alkohol berlemak, pelembap, dan minyak untuk membuat rambut fleksibel. Beberapa kondisioner memiliki protein untuk mengikat ujung rambut yang bercabang. Hal yang paling penting saat memilih kondisioner adalah memilih yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Formulasi yang berbeda menawarkan manfaat dan efek samping yang berbeda.

Ilustrasi menggunakan kondisioner.
Ilustrasi menggunakan kondisioner/Freepik

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kondisioner, berikut adalah cara menggunakan kondisioner dengan benar, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Cuci rambut dengan sampo dan bilas hingga bersih

2. Gunakan kondisioner dalam jumlah yang dianjurkan pada botol

3, Sebarkan kondisioner secara merata hingga ke ujung rambut

4. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala, cukup gunakan pada batang rambut

5. Sisir rambut menggunakan jari-jari saat menggunakan kondisioner

6. Biarkan kondisioner menempel pada rambut, biasanya hingga 1 menit

7. Bilas kondisioner hingga bersih

Saat ini, ada pula produk kondisioner tanpa bilas yang pemakaiannya lebih praktis. Kondisioner jenis ini dibuat dengan bahan yang berbeda sehingga tidak terlalu berat. Kondisioner tanpa bilas diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan melindungi rambut dari panas sebelum menggunakan alat penata rambut.

Ilustrasi menggunakan kondisioner.
Ilustrasi menggunakan kondisioner/Freepik

Selain itu, kondisioner tanpa bilas mampu memberikan ekstra kelembapan untuk rambut. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan kondisoner tanpa bilas dengan benar:

1. Pastikan rambut sudah kering

2. Oleskan kondisioner hingga ujung rambut

3. Sisir menggunakan jari atau sisir bergigi jarang

4. Biarkan rambut dan kondisioner kering

Ingat, pilihlah kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut. Misal, rambut berwarna membutuhkan sampo dan kondisioner dengan formula khusus untuk rambut yang diwarnai.

Kemudian, rambut keriting yang rentan kusut membutuhkan kondisioner yang mampu melembutkan dan membuat rambut lebih fleksibel.

Sama seperti sampo, penggunaan kondisioner juga harus rutin. Kondisioner tidak hanya digunakan jika mengalami masalah rambut. Rambut yang sehat tetap membutuhkan kondisioner agar kelembapan dan kelembutannya terjaga.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id